SOLOPOS.COM - Bimwin Kecantol Kamu XIX di aula Kecamatan Karanganom, Rabu (26/10/2022). Pemateri dalam kegiatan itu, yakni Kabid Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan KB Dissos P3APPKB Klaten, Nuryanti yang menyampaikan materi bertema Pencegahan Stunting dan Aplikasi Elsimil. (Istimewa/KUA Karanganom)

Solopos.com, KLATEN — Dissos P3APPKB Klaten melalui Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Karanganom menggelar bimbingan perkawinan (bimwin) yang dikemas dalam Program Kecantol Kamu di aula Kecamatan Karanganom, Rabu (26/10/2022) pukul 07.30 WIB-11.30 WIB. Kegiatan tersebut guna membekali calon pengantin (catin) tentang stunting dan aplikasi Elsimil.

Program Kecantol Kamu yang memasuki angkatan ke-19 ini merupakan kerja sama KUA Karanganom, puskesmas, pokja TP PKK, dan PLKB Kecamatan Karanganom. Program Kecantol Kamu merupakan kepanjangan dari Kelas Calon Pengantin Online/Offline Karanganom Mantap dan Unggul.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bimwin menghadirkan sejumlah pemateri, seperti Plt. Camat Karanganom, Wahyu Adhy Pratama; Bikor Puskesmas Karanganom, Pipit Sri Handayani; Pokja TP PKK Karanganom, Hj. Sholikhah; Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Karanganom, Hj. Herita Nur Fatmawati; dan Kabid Pengendalian Penduduk dan KB Klaten, Nuryanti.

Plt. Camat Karanganom, Wahyu Adhy Pratama, mendukung penuh kegiatan tersebut karena banyak materi yang bermanfaat bagi catin. Wahyu berharap generasi yang lahir di wilayahnya menjadi generasi emas yang siap bersaing dengan daerah dan negara lain.

“Elsimil [ektronik siap nikah dan siap hamil] yang harus di-dowload para catin sebenarya tidak menghambat catin menikah. Itu untuk mengondisikan catin memiliki tubuh sehat terutama catin wanita agar siap hamil,“ kata Wahyu dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Alhamdulillah! Program Kecantol Kamu KUA Karanganom Klaten Berusia 4 Tahun

Kabid Pengendalian Penduduk dan KB Klaten, Nuryanti, menyampaikan materi dalam kesempatan itu dengan judul Cegah Stunting dan Elsimil. Nuryanti menyampaikan setiap catin hendaknya mengonsumsi makanan bergizi agar melahirkan generasi yang sehat dan terhindar stunting.

Selain itu, pola hidup yang sehat sangat dianjurkan. Kelak, hal itu akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi.

“Catin akan didampingi oleh tim pendamping keluarga dari desanya masing-masing sejak men-dowload aplikasi Elsimil hingga memperoleh hasil ideal,” kata Nuryanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya