SOLOPOS.COM - Rekayasa penutupan jalan. (Istimewa/Dishub Sukoharjo).

Solopos.com, SUKOHARJO — Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sukoharjo akan ditutup pada Senin-Selasa (6-7/11/2023). Penutupan dilakukan di dua ruas jalan berbeda hingga mengakibatkan  pengalihan arus.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Minggu (5/11/2023), mengatakan penutupan jalan tersebut dilakukan di Jalan Manang-Mayang dan juga di Jalan Bacem-Tanjung Anom.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pada Senin [6/11/2023] Jalan Manang-Mayang ditutup untuk Peringatan Maulid Akbar Sholawat Kebangsaan bersama TNI-Polri di Lapangan Gentan,” papar Toni kepada Solopos.com.

Penutupan jalan tersebut dilakukan pada pukul 18.00 WIB-selesai. Pengendara disarankan menghindari ruas Jalan Mangesti Raya tersebut dan menggunakan alternatif jalan lain seperti Jalan Raya Songgolangit maupun Jalan Solo-Gawok.

Sementara itu pada Selasa, Jalan Bacem-Tanjunganom juga akan ditutup satu jalur di sisi timur pada pukul 12.00-00.00 WIB. Atau di sepanjang Jalan Ir Soekarno sisi timur. Penutupan dilakukan dalam rangka pengajian tahunan Majlis Al Hidayah 2023.

Pengajian tersebut rencananya digelar bersama dengan Habib Jamal bin Abdul Qodir Assegaf, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf serta Gus Ahmad Rifai.

“Penutupan dilakukan mulai dari Patung Ir Soekarno hingga Simpang Empat The Park Mall. Sisi barat Jalan Ir Soekarno tetap dilakukan satu arah. Alternatif jalan lain bisa menggunakan Jalan Tanjung Anom,” papar Toni.

Sementara itu haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang dipusatkan di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo turut menarik minat masyarakat membanjiri Kota Solo dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com kondisi ruas jalan sempat mengalami kepadatan di Simpang Empat Tugu Kartasura hingga Minggu siang. Sejumlah kendaraan sempat berhenti di Tugu Kartasura selama puluhan menit lantaran arus tak dapat terurai.

Kondisi tersebut mengakibatkan Jalan Solo Semarang di sisi selatan sempat mengalami kepadatan hingga Simpang Empat Kartasura. Sejumlah mobil dengan plat luar kota membanjiri ruas jalan tersebut.

Kepala Pos Lantas Kartasura, Sukoharjo, Aiptu Andreas Christian D.N., membenarkan kejadian tersebut. “Imbas haul selama tiga hari puncak kepadatan arus lalu lintas terjadi sejak dini hari tadi. Namun arus padat telah diurai sejumlah anggota di lokasi,” paparnya.

Ia menambahkan kini arus lalu lintas telah kembali normal meski masih terjadi keramaian. Sejumlah petugas juga masih melakukan monitoring di seputar Tugu Kartasura.

Seperti diketahui rangkaian kegiatan Haul Habil Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 tahun ini telah dimulai sejak Rabu-Minggu (1-5/11/2023), sementara puncak acaranya jatuh pada Sabtu (4/11/2023).

Acara tersebut digelar untuk memperingati wafatnya ulama karismatik dari Yaman, yakni Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. Sehingga ribuan jemaah dari berbagai daerah tumplek blek meramaikan gelaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya