SOLOPOS.COM - Pekerja menambal lubang di jalan provinsi ruas Jatisrono-Slogohimo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jumat (24/2/2023). (Istimewa/Nandar Suyadi)

Solopos.com, WONOGIRI — Sejumlah ruas jalan provinsi di Wonogiri yang rusak mulai diperbaiki, salah satunya di ruas jalan Jatisrono-Slogohimo. Nilai anggaran pemeliharaan ruas jalan provinsi di Wonogiri pada 2023 mencapai Rp10,019 miliar.

Warga Kecamatan Jatisrono, Nandar Suyadi, mengatakan jalan rusak di ruas jalan Jatisrono-Slogohimo sepanjang 2,7 km sudah mulai diperbaiki sejak Selasa (18/2/2023). Perbaikan jalan itu dilakukan dengan menambal lubang-lubang jalan yang muncul sejak musim penghujan tiba.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Alhamdulillah ruas jalan Jatisrono-Slogohimo sudah diperbaiki. Jalan yang sebelumnya berlubang sudah ditambal,” kata Suyadi kepada Solopos.com, Minggu (26/2/2023).

Dia melanjutkan sebelum diperbaiki, kondisi jalan provinsi di Wonogiri itu sangat rusak. Banyak lubang-lubang jalan yang muncul berukuran besar dan tersebar di banyak lokasi. Bahkan warga menjuluki ruas jalan itu sebagai wisata 1.000 blegongan.

Kondisi itu semakin parah dengan hujan yang sering mengguyur pada pertengahan Februari 2023. Warga sempat mengecat lubang-lubang di ruas jalan tersebut sebagai penanda agar warga tidak terperosok.

Hal itu karena warga prihatin dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi di ruas jalan itu. Menurut Suyadi saat ini sudah pengerjaan masih dilakukan dan belum selesai.

“Perbaikannya berupa penambalan lubang saja. Belum ada pengerjaan pengaspalan baru. Tapi ini sudah lumayan. Warga senang dan bersyukur,” ujar dia.

Sementara itu, warga Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Aminah Permata, menyampaikan jalan provinsi ruas jalan Ngadirojo-Baturetno masih banyak yang rusak dan belum diperbaiki. Banyak lubang-lubang jalan yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Informasi yang diperoleh Solopos.com dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Wonogiri anggaran pemeliharaan rutin jalan provinsi bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp10,019 miliar.

Nilai angaran itu digunakan untuk pemeliharaan atau perbaikan jalan provinsi di Wonogiri sepanjang 177 km. Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Didik Sudarmaji, mengatakan beberapa ruas jalan provinsi yang rusak sudah mulai diperbaiki.

Seperti ruas jalan Ngadirojo-Nguntoronadi dan Purwantoro-Pacitan. Adapun ruas jalan Jatisrono-Slogohimo sudah diperbaiki sebagian dan ruas jalan Ngadirojo-Baturetno. Dia menyebut perbaikan jalan provinsi dilakukan secara bertahap.

DPU Wonogiri tidak bisa secara sembarangan mengerjakan perbaikan atau pemeliharaan sebab bukan kewenangannya. Apabila Pemkab memperbaiki jalan itu justru akan menyalahi aturan.

“Pemkab Wonogiri bisa mengajukan ke Pemprov Jateng untuk perbaikan atau perawatan jalan rusak. Tetapi nanti harus melalui surat dari bupati,” kata Didik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya