SOLOPOS.COM - Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari menandatangani berita acara pengambilan sumpah anggota PPK Kabupaten Karanganyar untuk pemilu 2024, Rabu (4/1/2023) di Gedung PGRI Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 dilantik  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Selasa (4/1/2023), di Gedung PGRI Karanganyar. Banyak muka-muka baru dalam deretan anggota PPK tersebut, namun tak sedikit pula orang-orang lama yang pernah menjadi bagian dari penyelenggara pemilu sebelumnya.

Di antara wajah lama itu adalah Catur Lukito, PPK asal Kecamatan Tasikmadu. Pada 2003-2004 Catur Lukito pernah bergabung sebagai anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Pada 2007-2008, ia juga kembali bergabung di lembaga pengawasan tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Pada 1989 saya jadi pemantau pemilu di Forum Rektor. Kemudian 2003-2004 jadi Panwaslu di Karanganyar, 2007-2008 kembali lagi di Panwaslu Karanganyar,” ujar warga Papahan, Kecamatan Tasikmadu ini saat ditemui di sela-sela pelantikan.

Lepas dari tugas di Panwaslu, Catur tetap terjun ke dunia kepemiluan sebagai Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat. Forum ini bertugas mendeteksi dini konflik, salah satunya bekerja sama dengan Panwaslu/Bawaslu untuk menyelesaikan konflik karena pemilu.

“Sepuluh tahun saya menjadi Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang bertugas mendeteksi dini konflik, bekerja sama dengan Panwaslu untuk menyelesaikan konflik salah satunya karena pemilu,” imbuhnya.

Setelah tidak berada di forum tersebut, ia ingin kembali berkecimpung dalam lembaga kepemiluan dengan mendaftar sebagai PPK. “Saya ingin berkontribusi kepada negara melalui lembaga kepemiluan. Ingin membantu atau berpartisipasi untuk pelaksanaan demokrasi Indonesia yang lebih baik,” imbuhnya.

Ia menyadari di usianya yang menginjak 56 tahun akan banyak tantangan secara fisik. Namun ia meyakini dengan adanya anggota PPK lainnya yang masih muda-muda semua tugas akan terselesaikan dengan baik.

Anggota PPK yang sudah akrab dengan lembaga kepemiluan lainnya adalah Irsyad Nugroho. Anggota PPK Kecamatan Gondangrejo ini sudah pernah bergabung di Panwascam Gondangrejo pada 2008 dan 2014. Alasannya bergabung menjadi PPK untuk pemilu 2024 hampir sama dengan Catur Lukito.

“Ya ingin melanjutkan kontribusi kepemiluan. Dulu kan sudah pernah bergabung di Panwascam, sehingga ketika menjadi PPK, gambaran tugasnya sudah bisa terbaca,” ujarnya.

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, berharap PPK yang dilantik bisa bertugas dengan baik. “Masing-masing divisi ada tugas, kewajiban, dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Seperti membantu KPU melaksanakan tahapan pemilu 2024, sebentar lagi pencalonan perseorangan anggota DPD nanti membantu verifikasi faktual dan pemutakhiran data pemilih, dan seterusnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya