SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SMA N 5 Solo melihat surat keterangan kelulusan yang dibawa wali muridnya saat pengumuman hasil Ujian Nasional 2013 di sekolah setempat, Jumat, (24/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO– Guna mengantisipasi kegiatan konvoi dan coret-coret seragam pasca pengumuman kelulusan siswa SMA, SMK dan sederajat, sejumlah sekolah menyiapkan cara beragam untuk mengantisipasinya. Mulai dari pengumuman via daring, mendatangkan orang tua, dan kewajiban memakai batik saat ke sekolah.

Sebagaimana diketahui Senin (6/5/2024) merupakan waktu pengumuman kelulusan bagi siswa kelas 12 SMA, SMK, dan sederajat secara nasional. Dimana sebagian besar pengumuman dilakukan pada pukul 15.00-17.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepada Solopos.com, Sekolah SMAN 6 Solo, Munarso, mengatakan sekolahnya tidak menggelar acara khusus untuk mengumumkan kelulusan siswanya. Dia mengambil kebijakan untuk meliburkan siswa kelas XII dan meminta mereka mengakses informasi kelulusan via daring dari rumah.

“Siswa bisa membuka website resmi SMAN 6 Solo dari rumah dan tidak perlu datang ke sekolah,” ungkap dia.

Munarso berasalan kebijakan ini dia ambil karena mematuhi edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah yang mengimbau untuk sekolah-sekolah mengumumkan kelulusan via daring. Selain itu, juga untuk mencegah potensi kegiatan konvoi dan coret-coret seragam yang dilakukan siswanya.

“Kami juga sudah memberikan pemberitahuan ke Polsek Banjarsari untuk dilakukan pemantauan,” pungkasnya.

Sementara itu, SMK Warga Solo, MAN Solo, dan SMKN 8 Solo memilih untuk tetap melaksanakan pengumuman secara luring atau siswa hadir langsung ke sekolah. Namun dengan kegiatan berbeda-beda yang pada intinya untuk mencegah siswanya berkonvoi dan corat-coret seragam.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Warga Solo, Hari, mengatakan bahwa di sekolahnya pengumuman kelulusan dilakukan secara langsung di sekolah mulai pukul 16.30 WIB. Para siswa kami wajibkan memakai batik dan menyerahkan seragam para bagi adik kelas yang membutuhkan.

“Nanti kendaraan siswa wajib parkir di dalam sekolah dan kami adakan pemeriksaan dari para guru terhadap siswa yang barang kali membawa pilok atau benda-benda untuk kegiatan negatif lainnya,” katanya.

Sedangkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, MAN 1 Solo, Sukatno, menjelaskan untuk pengumuman kelulusan akan dilakukan di ruang kelas siswa kelas XII masing-masing mulai pukul 16.30 WIB. Mereka wajib datang dengan didampingi orang tua atau walinya.

“Kami juga telah melaporkan ke Polsek dan apabila nanti siswa kami ada yang terjaring razia kami tidak bertanggung jawab. Karena sudah kami imbau dan tekankan jauh-jauh hari bahwa tidak ada konvoi atau corat-coret seragam,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya