SOLOPOS.COM - K.G.P.A.A. Mangkunegoro X saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait tingalan wiyosan jumenengan MN X di Pura Mangkunegaran, Kamis (23/2/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Mangkunegoro X mengundang Presiden Jokowi hadir pada upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A. Mangkunagoro X yang pertama, Rabu (1/3/2023).

“Tentunya bagaimanapun beliau telah hadir pada jumenengan tahun lalu, tapi beliau punya kesibukan yang luar biasa dengan IKN [Ibu Kota Nusantara] dan lainnya. Namun, kami berharap kehadiran beliau,” kata dia kepada wartawan di Pura Mangkunegaran, Kamis (23/2/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, Mangkunagoro mengundang sejumlah menteri, antara lain Menteri Pertahanan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menhan beberapa lalu sempat berkunjung ke sini. Menteri BUMN tentu kami undang. Taman Pracima ada atas dukungan beliau,” paparnya.

Undangan disampaikan kepada Catur Sagatra, yakni Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pura Pakualaman, dan Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran masih menunggu konfirmasi kehadiran para tamu.

Menurut dia, jumlah tamu undangan upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang pertama lebih banyak dari upacara kenaikan tahta pada tahun lalu.

“Pasti lebih banyak dari tahun lalu yang masih PPKM dengan aturan cukup ketat. Ini longgar, kami mencoba mengundang lebih banyak dari keluarga dan kerabat,” ujar dia.

Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran K.P.H. Tjuk Susilo mengatakan Pura Mangkunegaran mengundang sekitar 350 tamu undangan atau diperkirakan ada 700-an orang bakal hadir mengikuti upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A. Mangkunagoro X yang pertama.

Menurut dia, para tamu akan hadir dengan disambut prajurit yang berjajar. Upacara dimulai pembukaan, doa, Mangkunegoro X masuk pendapa Pura Mangkunegaran.

Kemudian ada pentas Bedhaya Anglir Mendhung dengan iringan gamelan Kyai Kanyut Mesem.  Berikutnya ada sesi atur pambagyo atau ucapan selamat ulang tahun jumenengan serta sabda dalem dari Mangkunegoro X.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya