SOLOPOS.COM - Sejumlah warga Kabupaten Sragen mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, sebagai Capres 2024, Sabtu (1/7/2023). Aksi itu dikuti Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Persaingan menuju Pemilu 2024 terus menghangat. Tarik menarik dukungan dan deklarasi dukungan calon presiden (capres) terus terjadi di lapangan.

Kali ini ratusan pelaku UMKM nelayan d Kabupaten Wonogiri mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menjadi capres 2024.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (1/7/2023), sebelum deklarasi, digelar sarasehan ihwal usaha perikanan. Koordinator Paguyuban UMKM Nelayan Wonogiri, Nasib Edy Susanto, mengatakan ada sejumlah alasan mendasar pendukungan terhadap Muhaimin sebagai Capres 2024.

Salah satunya komitmen dan dukungan nyata Muhaimin terhadap pelaku UMKM. Dukungan yang diberikan Muhaimin dinilai konkret, seperti memfasilitasi para nelayan.

Juga bantuan program untuk UMKM seperti alat produksi, pelatihan-pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) maupun yang langsung dikelola kelompok. Selain itu ada berbagai pameran yang digelar dengan layanan one stop services untuk pelaku UMKM. Berbagai bantuan tersebut dirasakan sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM.

Edy menjelaskan dalam banyak kesempatan Muhaimin juga tidak diragukan keberpihakannya kepada para nelayan. Mulai dari penggunaan alat tangkap ikan maupun saat nelayan kesulitan mengakses solar bersubsidi. Para pelaku UMKM nelayan Wonogiri juga menilai Muhaimin punya sikap jujur dan welas asih kepada wong cilik.

Latar belakang Muhaimin dari kalangan santri, aktivis mahasiswa, serta rekam jejaknya yang sudah teruji, juga menjadi alasan dukungan. “Jika Gus Muhaimin terpilih menjadi Presiden 2024 para nelayan dan pelaku UMKM di Wonogiri percaya bakal naik kelas. Negara akan melindungi mereka dari serbuan produk asing,” ujar Edy.

Aksi yang sama dilakukan ratusan warga Kabupaten Sragen yang menyatakan dukungan kepada Muhaimin untuk menjadi Presiden 2024. Kegiatan itu dihadiri tokoh-tokoh berpengaruh di Bumi Sukowati. Anggota DPR dari Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah, ikut serta dalam gerakan itu. Mereka mendukung Muhaimin dengan sejumlah alasan.

Salah satunya Muhaimin dinilai sebagai representasi Nahdliyin yang mempunyai kecakapan dan jiwa negarawan. Apalagi sudah lama warga Nahdliyin menginginkan adanya capres yang berangkat dari latar belakang Nahdliyin. Sosok Muhaimin dinilai tepat menjad pemimpin negeri ini yang tengah dihadapkan dengan politisasi identitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya