SOLOPOS.COM - Beberapa anak tampak menaiki sampan di Dukuh Kesongo, Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, yang dilanda banjir, Sabtu(24/12/2022). (Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO – Sejumlah wilayah di dua kecamatan di Sukoharjo terendam banjir akibat hujan dengan deras yang mengguyur pada Jumat, (23/12/2022) pukul 16.00-21.00 WIB.

Dua kecamatan tersebut adalah Mojolaban dan Grogol. Berdasar pantauan Solopos.com, hingga Sabtu (24/12/2022) pagi, sejumlah rumah masih terendam banjir.  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo melaporkan lebih dari 150 keluarga di Kecamatan Mojolaban terdampak banjir dengan ketinggian 30 sentimeter hingga 1 meter.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi, sejumlah rumah di Dukuh Kesongo, Desa Laban masih terendam banjir hingga pukul 09.48 WIB. Sebagian warga yang sempat mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing setelah air yang menggenangi rumah mereka surut. Beberapa warga nekat menerjang aliran air demi beraktivitas.

Menurut informasi yang didapat, luapan air ke rumah-rumah warga tersebut akibat Kali Samin yang tidak dapat menampung besarnya debit air. Di kawasan Jatiteken RT 001/ RW 005, tampak beberapa warga mengungsikan harta benda ke atas tanggul karena rumah mereka bersebelahan langsung dengan bibir Sungai Bengawan Solo.

Update Banjir di Solo, Ratusan Rumah Terendam, Kelurahan Tampung Pengungsi

Salah satu warga, Santo, mengaku mengungsikan barang elektronik dan sejumlah baju ke atas tanggul dengan membuat tenda darurat dari terpal. Saat ini kondisi air di kawasan tersebut sudah surut sejak pukul 04.00 WIB, dan sebagian warga telah kembali ke rumah masing-masing.

Camat Mojolaban, Joko Windarto, mengatakan air mulai naik ke pemukiman warga pukul 10.00 WIB. “Akibat curah hujan yang tinggi dua hari terakhir, air mulai naik ke rumah warga pukul 10.00 WIB, khususnya di Desa Jatiteken,” kata Joko saat ditemui Solopos.com, Sabtu (24/12/2022) di Kantor Balai Desa Laban.

Selain dua desa tersebut, kawasan lain di Mojolaban yang sempat terdampak banjir meliputi Dukuh Nawud dengan dampak 2 RT jumlah 50 keluarga dan Dukuh Puntukrejo dengan 17 keluarga. Saat ini, air yang menggenangi sejumlah wilayah tersebut sudah surut dan warga telah kembali ke rumah masing-masing.

Baca Juga: Air Mulai Surut, Warga Terdampak Banjir di Karanganyar Bersih-Bersih Rumah

Banjir juga melanda Dukuh Kaliwingko, Desa Madegongo, Kecamatan Grogol. Sebanyak 40 keluarga mengungsi ke rumah warga yang tidak terendam banjir. Banjir dengan ketinggian kurang lebih 40 cm.

Banjir juga sempat menggenang beberapa lokasi di Kecamatan Grogol. Salah satunya di sekitar Patung Pandawa pada Jumat (23/12/2022) malam.

Camat Grogol, Herdis, mengatakan saat ini pihaknya masih meninjau beberapa lokasi tersebut untuk dilakukan evaluasi dan penyaluran bantuan. “Menurut informasi terakhir, kawasan Kwarasan, Tanjung Anom ada beberapa kawasan yang masih tergenang dengan ketinggian 30 cm,” kata Herdis saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan WhatsApp.

Baca Juga: Puskesmas Masaran 2 Sragen Kebanjiran, 5 Pasien Dievakuasi

Warga Dusun I, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Sarah, mengaku air sempat memasuki rumah dengan ketinggian di bawah lutut orang dewasa. “Baru saja saya keluar, tinggi masih di bawah lutut orang dewasa. Itu yang di dalam gang. Kalau yang di jalan utama sekitaran bawah betis,” kata Sarah.

Selain Banjir, hujan dengan curah tinggi pada Jumat (23/12/2022) sempat disertai angin mampu menumbangkan sejumlah pohon di beberapa kawasan. Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com melalui BPBD Sukoharjo, sembilan pohon tumbang di Kecamatan Nguter meliputi lima pohon di Deda Kedung Winong dan empat pohon dj Desa Gupit.

Selain itu, satu pohon tumbang juga terjadi di Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari. Sejumlah pohon tersebut saat ini telah dievakuasi.

Baca Juga: Sukarelawan Solo Sulit Cari BBM untuk Sedot Banjir, Bensin Eceran Jadi Solusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya