SOLOPOS.COM - Dalem Purwohamijayan di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (12/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO  Sekar Krisnauli Tandjung memiliki kesan yang begitu mendalam ketika menginap di Dalem Purwohamijayan di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dalem Purwohamijayan berada di Baluwarti atau kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, menjadi salah satu tempat yang masih kental akan budaya. Kini, Dalem Purwohamijayan menjadi ruang bagi anak muda maupun masyarakat untuk mengeksplore budaya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Purwohamijayan dahulunya merupakan tempat tinggal putra dari Pakubuwono X yang masih tetap terawat dengan baik. Setelah rampung direvitalisasi pada tahun lalu, kini Dalem Purwohamijayan menjelma menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat singgah di Kota Solo.

Saat memasuki Purwohamijayan akan ada alunan musik gamelan yang mengalun lembut. Alunan gamelan itu bikin suasana adem serta menenangkan.

Hal ini seperti yang diungkap oleh Sekar Krisnauli Tandjung, salah satu anak muda Solo yang pernah menginap di Purwohamijayan. “Aku lihat masuk tempatnya lumayan adem ada suara serak gendingan terus ada lagu-lagu Jawa dan konsepnya asri gitu, jadi pas lagi ya memang aku memilih untuk stay di situ salah satunya karena suasana yang menyenangkan tersebut,” ujarnya dalam video yang berjudul Wajah Baru Kota Solo: Sejengkal Jarak, Budaya, Ruang dan Anak Muda yang tayang di kanal Youtube Espos Indonesia, Senin (6/3/2023).

Putri bungsu mantan Ketua DPR, Akbar Tandjung itu menjelaskan jika Purwohamijayan itu memiliki suasana yang berbeda daripada tempat lain yang ada di Jakarta. Hal ini dikarenakan suasana asri dan menyenangkan yang sulit untuk didapatkan di daerah Jakarta. Selain itu, Purwohamijayan yang terletak di tengah-tengah Kota Solo ini juga sangat kental dengan budaya Jawa, khususnya budaya yang ada di Kota Solo.

Ketika memasuki Purohamijayan, nuansa budaya Solo dapat dirasakan. Selain karena suasana, sentuhan arsitektur Jawa juga masih terjaga di Kawasan Purwohamijayan tersebut.

Saat ini Purwohamijayan sering digunakan sebagai tempat untuk resepsi ataupun sekadar foto prewedding. Selain itu, Purwohamijayan ini juga bisa menjadi list tempat menginap di Kota Solo yang memiliiki nuansa budaya Jawa.

Pengunjung bisa menikmati makanan khas Jawa yang disajikan di Purwohamijayan. Ada beragam menu masakan khas Jawa yang bisa dinikmati bagi para pengunjung yang memilih untuk menginap di Purwohamijayan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya