SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Ikan Balekambang, beberapa waktu lalu. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO–Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, menyatakan Pasar Ikan Balekambang tetap akan dipindahkan dari lokasi berjualan sekarang ini.

Namun, dia tidak menyebut lokasi pasti yang akan diperuntukkan para pedagang Pasar Ikan Balekambang. “Ya dipindah, rencana mau dipindah begitu. Ya di sana, di timur,” ungkap dia di Gedung DPRD Solo, Jumat (4/8/2023) siang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Menurut Ahyani, Pasar Ikan Balekambang akan dijadikan satu dengan para pedagang Pasar Ayam Semanggi, Pasar Kliwon. “Nanti dijadikan satu sama pemindahan Pasar Ayam yang dari Mojo. Dijadikan satu tempat kan pas itu,” urai dia.

Ahyani menilai penyatuan para pedagang Pasar Ikan Balekambang dengan pedagang Pasar Ayam Semanggi akan cocok atau pas. Sebab komoditas mereka sama-sama hewan. “Sama-sama hewan itu. Jadinya pas,” sambung dia.

Disinggung kapan pemindahan itu, Ahyani belum bisa memastikan. Sebab langkah itu akan sangat tergantung dengan ketersediaan anggaran. Tapi secara tersirat dia menyatakan Pemkot Solo mengambil langkah itu tahun depan.

“Anggaran eneke tahun ngarep, ya mungkin tahun depan,” kata dia.

Terpisah, Ketua LSM LAPAAN RI, BRM Kusumo Putro, menyayangkan sikap Pemkot Solo yang dinilainya lambat dalam penanganan Pasar Ikan Balekambang.

Sebab persoalan pasar itu sudah bergulir berbulan-bulan terakhir. Bahkan pernyataan memindahkan Pasar Ikan Balekambang sudah disampaikan sejak lama.

“Persoalan ini sudah bergulir lama. Kenapa tak kunjung tuntas,” sesal dia.

Kusumo juga menyinggung proyek revitalisasi Taman Balekambang Solo yang segera selesai. Mestinya menurut dia ketika Taman Balekambang selesai dibangun, dan mulai dibuka kembali, sudah tak ada Pasar Ikan Balekambang.

“Kan tidak elok kalau Taman Balekambang sudah dibuka lagi tapi masih ada aktivitas pasar oprokan ikan segar di situ. Apalagi lokasi berjualan mereka di jalur utama menuju Taman. Tolong segera diselesaikan,” saran Kusumo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya