SOLOPOS.COM - Pengunjung mengamati keris yang dipamerkan di lantai IV Museum Keris Nusantara Solo, Jumat (18/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pejabat hingga artis ibu kota pernah mengunjungi Museum Keris Solo sebelum pandemi.

Seperti, Presiden Joko Widodo, Fadli Zon, dan artis ibukota seperti Tora Sudiro. Nah, wisatawan pecinta sejarah dan benda pusaka, khususnya keris wajib mengunjungi Museum Keris Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Museum Keris Solo kembali dibuka setiap Selasa sampai Minggu saat pandemi Covid-19. Untuk mengunjungi Museum Keris Solo tidak perlu menggunakan reservasi. Anda cukup datang langsung ke Museum Keris Nusantara Solo pada jam operasional.

Baca Juga : Pameran Keris, 25 UMKM Tosan Aji Pamerkan Hasil Kerajinan di Solo

Konservator Museum Keris Nusantara Solo, Anjang Pratama, menyampaikan jam operasional hari Selasa sampai Kamis mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Pada Jumat, menurut Anjang hanya buka mulai pukul 08.30 WIB sampai 11.00 WIB. Pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.30 WIB sampai 15.00 WIB.

“Tidak ada reservasi, langsung datang beli tiket sudah bisa masuk. Sesuai jam operasional,” ucapnya kepada Solopos.com, Jumat (18/3/2022)

Anjang menambahkan tarif masuk Museum Keris Solo berdasarkan hari kunjungan. “Selasa sampai Kamis untuk pelajar Rp4.500, wisatawan asing Rp15.000. Saat weekend [akhir pekan] pelajar Rp5.000, umum Rp10.000, dan wisatawan asing Rp20.000,” katanya.

Baca Juga : Uripmu Kurang Piknik? 4 Objek Wisata Solo Ini Sudah Buka, Lur!

Pengunjung mendapat fasilitas guide saat pandemi Covid-19. Menurut Anjang, pengunjung bisa mengakses ruang audiovisual dan perpustakaan mini sebelum pandemi.

“Pertama ada guide, itu bisa minta langsung kepada petugas tiket. Nanti akan disediakan. Sebelum pandemi, ruang audiovisual dan perpustakaan mini dapat diakses. Untuk mencegah pengumpulan massa, akhirnya beberapa fasilitas kami hilangkan sementara,” ungkapnya.

Di ruang audiovisual, pengunjung dapat melihat dokumenter proses pembuatan keris. Anjang menambahkan pengunjung juga dapat mengakses perpustakaan yang memang disediakan untuk penunjang edukasi di museum.

Baca Juga : Museum Radya Pustaka dan Museum Keris Solo Kembali Buka, Ini Aturan Mainnya

Kabar baiknya, pengunjung di museum keris saat pandemi mulai meningkat. Kepala UPT Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Luthfi Khamid, mengatakan pengunjung Museum Keris Nusantara Solo naik 10 persen bulan ini.

Walaupun pengelola Museum Keris Solo membatasi fasilitas, tidak menurunkan minat pengunjung belajar sejarah sekaligus wisata ke museum, terutama Museum Keris Nusantara Solo. “Pengunjung naik perlahan setiap bulan. Bulan lalu pengunjung hanya 200 sampai 250 per bulan. Saat ini menjadi 350 pengunjung per bulan,” katanya saat ditemui Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya