SOLOPOS.COM - Suasana kawasan sisi barat Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat yang dimanfaatkan warga untuk membuka usaha jasa perahu wisata, speed boat, serta skuter listrik, Minggu (23/1/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Kawasan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, mulai dilirik sejumlah pelaku usaha. Hal itu seiring berlangsungnya penataan kawasan Rawa Jombor dalam beberapa waktu terakhir.

Kepala Desa (Kades) Krakitan, Nurdin, menjelaskan banyak pengusaha yang ingin mendirikan restoran di kawasan sekitar Rawa Jombor seiring bergulirnya penataan waduk tersebut. Selain restoran, pengelola toko modern berjejaring juga berminat untuk membuka toko mereka di kawasan sekitar Rawa Jombor.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun, pemerintah desa setempat belum menyetujui masuknya investor yang mengelola toko modern berjejaring.

“Kami selaku pemerintah desa belum setuju karena banyak warga yang sudah mendirikan toko kelontong,” ungkap dia, kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Nurdin menjelaskan kawasan di sekitar Rawa Jombor cukup prospek untuk mengembangkan usaha. Terlebih, kawasan waduk itu mulai ditata dan digadang-gadang semakin menarik minat wisatawan berdatangan.

Baca Juga: Kisah Warga Bugel Klaten Lahirkan Sarjana-Bupati dari Jualan Es Puter

Nurdin berharap warga sekitar bisa mendapatkan dampak positif salah satunya ada peningkatan kesejahteraan.

“Secara langsung kawasan Rawa Jombor prospeknya bagus selagi instansi terkait jangan bosan-bosan membina masyarakat menjaga kebersihan dan ketertiban,” jelas Nurdin.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menanggapi positif berdatangannya investor ke kawasan di sekitar Rawa Jombor.

“Itu berdiri di lahan pribadi warga kan? Bagus dong kalau begitu [bermunculan investor membuka usaha di lahan pribadi warga sekitar Rawa Jombor]. Salah satu harapan saya ada penataan memang itu. Selain mengembalikan fungsi Rawa Jombor sebagai antisipasi banjir dan irigasi, juga menjadi destinasi wisata baru. Bersoleknya itu harapan saya menyambung dengan kawasan Bukit Sidoguro,” jelas Mulyani saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Tak Ada Lagi Warung Apung di Rawa Jombor Klaten, Ini Gantinya

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah ada dua restoran ternama di Klaten yang buka cabang di Rawa Jombor. Kedua restoran itu yakni Star Steak dan Kakung Sableng. Rawa Jombor dilirik para pengusaha karena dinilai memiliki view menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya