SOLOPOS.COM - Belasan klien anak mengikuti Bapas Klaten Super Camp (BSC) 2023, Jumat (7/7/2023). (Istimewa/dokumentasi Bapas Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klaten menggelar Bapas Klaten Super Camp (BSC) 2023 bagi para klien anak. Belasan klien anak mengikuti kegiatan tersebut selama dua hari yang digelar pada Jumat-Sabtu (7-8/7/2023).

Pembukaan BSC 2023 digelar di aula kantor Bapas Klaten pada Jumat sore. Kegiatan itu dihadiri 13 klien anak didampingi orang tua/wali klien anak dan perwakilan Pokmas Lipas Sahabat Kapas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bapas Klaten, Eko Bekti Susanto, mengatakan pemberian bimbingan bagi para klien anak merupakan komitmen Bapas Klaten untuk menjalankan fungsi pembimbingan bagi klien pemasyarakatan. Penyelenggaraan BSC 2023 digelar Bapas dengan menggandeng tiga Pokmas Lipas, yakni Sahabat Kapas, Lembaga Perlindungan Anak Klaten, dan Yayasan RDMA Klaten serta mengundang dari luar Pokmas Lipas yakni Foum Anak.

“Pemberian bimbingan baik kemandirian dan/atau kepribadian bagi para klien Bapas Klaten, khususnya klien anak bertujuan agar klien anak menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulangi lagi tindak pidana, serta klien anak dapat menjadi pemimpin di masa depan sebagaimana tema BSC 2023 Super Leader Starts Here,” kata Eko berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Eko berharap serangkaian kegiatan tersebut bisa memberikan kesan mendalam bagi para klien anak.

“Diharapkan setelah kegiatan BSC 2023 anak akan mengalami perubahan yang lebih baik, lebih hormat dan menghargai orang tua, dan bisa menjadikan pengalamannya selama berhadapan dengan hukum menjadi pengalaman yang berharga serta anak bisa mencapai cita-citanya dan mempunyai masa depan yang lebih baik,” kata Eko.

BSC 2023 menjadi penyelenggaraan kedua setelah sukses pada penyelenggaraan kali pertama pada 2022. Pada tahun lalu, kegiatan diikuti 16 klien anak yang berdomisili di wilayah Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Wonogiri.

Serangkaian kegiatan BSC 2023 masih berfokus pada pembimbingan kepribadian bagi para klien anak. Selama dua hari kegiatan BSC 2023, klien anak akan memperoleh materi dengan cara menyenangkan, menjalin persahabatan melalui diskusi, dan permainan.

Selama mengikuti BSC 2023, klien anak akan mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan secara kelompok. Kegiatan diadakan secara kelompok dengan tujuan klien anak mendapatkan dukungan kelompok yang berisikan anak-anak yang memiliki kesamaan latar belakang, yaitu sama-sama pernah berhadapan dengan hukum.

Dukungan kelompok dapat menjadi sarana bagi para klien anak untuk saling berbagi pengalaman, yaitu pengalaman anak saat berhadapan dengan hukum; berbagi bagaimana cara mengatasi tantangan; menghadapi perubahan dan mempertahankan perilaku positif yang sudah dimiliki anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya