SOLOPOS.COM - Sekaten akan berlangsung selama sebulan dimulai pada 8 September 2023 hingga 8 Oktober 2023 tersebut sebagai hiburan bagi masyarakat. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Aksi pencurian dompet dan handphone (HP) masih merajalela di Pasar Malam Sekaten. Polsek Pasar Kliwon menerima 15 laporan kehilangan dompet dan HP dalam kurun lebih dari sepekan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (22/9/2023), para pengunjung yang kehilangan HP atau dompet langsung melapor ke Polsek Pasar Kliwon.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Marwanto mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan para pengunjung kehilangan dompet dan HP saat berdesak-desakan di area sekaten.

Mereka tidak sadar, barang miliknya seperti HP atau dompet sudah berpindah tangan. “Untuk sementara sudah ada sekitar 15 laporan kasus kehilangan dompet dan HP di Sekaten,” kata dia, Jumat (22/9/2023).

Menurut Kapolsek, tradisi Sekaten menyedot perhatian masyarakat pada malam hari. Mereka memadati Alun-alun Utara Keraton Solo pada malam hari.

Saking ramainya, para pengunjung rela berdesak-desakan untuk menjajal wahana permainan dan stan kuliner.

Hal ini menjadi celah bagi pelaku kriminal untuk beraksi menyasar barang berharga milik pengunjung seperti HP dan dompet.

“Para pengunjung harus ekstra hati-hati saat berdesak-desakan di area Sekaten. Aksi pencopetan bisa terjadi kapanpun,” kata dia.

Mantan Kasatlantas Polres Wonogiri itu menyampaikan petugas disebar ke sejumlah lokasi di area Sekaten. Polisi tak berseragam alias berpakaian preman juga disiagakan di lokasi tersebut. Hal ini guna mencegah aksi kriminal selama penyelanggaraan Sekaten.

Kapolsek mengimbau agar masyarakat tidak lengah dan selalu waspada saat mengunjungi Sekaten. “Patroli keliling setiap malam terus dilakukan. Bahkan, saya sendiri juga sering ikut patroli keliling di area sekaten pada malam hari,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya