SOLOPOS.COM - Para peserta Jamnas 2022 Kwarcab Boyolali berlatih di Sanggar Pramuka, Kemiri, Mojosongo, Minggu (12/6/2022). Ada 16 peserta terpilih terdiri dari kelompok putra dan putri. (Istimewa/Kwarcab Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 16 siswa SMP/MTs bakal mewakili Kabupaten Boyolali mengikuti Pramuka Jambore Nasional (Jamnas) 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 pekan, Minggu-Minggu (14-21/8/2022).

Humas Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali, Eksani, mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, mengatakan para peserta akan berangkat ke Jakarta lebih awal.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Mereka akan berangkat tanggal 11 Agustus 2022. Jadi lebih awal. Mereka juga telah melalui seleksi seperti uji kecakapan khusus dan uji kecakapan umum tentang kepramukaan. Termasuk tes PCR dinyatakan bebas dari Covid-19,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (19/6/2022).

Ia mengatakan 16 peserta tersebut diseleksi dari 52 anggota Pramuka tingkat penggalang, akhir Mei 2022. Sebanyak 16 peserta terbagi menjadi dua kelompok, yaitu putra dan putri.

“Sebanyak 16 peserta yang lolos saat ini masuk dalam pelatihan dan pembinaan dari Pusdiklatcab [Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Tingkat Cabang]. Kemudian dari pembinaan bina muda Kwarcab Boyolali,” terangnya.

Baca Juga: Pramuka Boyolali Dirikan 9 Posko Mudik Lebaran 2022, Ini Lokasinya

Eksani mengatakan kontingen Boyolali akan menampilkan kesenian asli Boyolali saat perhelatan Jamnas 2022. Hal itu, seperti tari gedruk atau tari topeng.

“Harapannya bisa membawa nama baik Boyolali. Biasanya juga ada karnaval yang memakai pakaian adat nusantara. Targetnya, kami bisa masuk tiga besar pada kegiatan Jamnas 2022,” terangnya.

Salah satu pelatih kontingen Jamnas 2022 Boyolali, Sugiyanto, mengatakan terdapat juga dua pembina yang dikirim ke Bumi Perkemahan Cibubur bersamaan dengan 16 siswa.

“Sepekan sekali kami jadwalkan latihan untuk kontingen Jamnas. Minggu kemarin kami adakan latihan di Sanggar Pramuka Kemiri,” kata dia, dalam rilisnya yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Pramuka Boyolali Kota Tetap Aktif Meski Pandemi, Ini Kegiatannya

Para anggota Pramuka Penggalang yang akan dikirim ke Jakarta diberikan pelatihan, seperti tata cara upacara, latihan baris berbaris, keterampilan teknis kepramukaan, giat bakti, giat wisata, dan giat wawasan.

“Ada juga pelatihan untuk yang lagi tren itu broadcasting baik radio dan televisi bagi mereka,” terang dia.

Berdasarkan data dari Kwarcab Boyolali, berikut Kontingen Boyolali yang berangkat ke Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu-Minggu (14-21/8/2022):

Baca Juga: Hari Baden Powell, Pramuka Boyolali Tanam Pohon dan Tebar Bibit Lele

1. Zaskia Damarifa dari SMPN 2 Simo (putri).

2. Radita Linggar dari SMPN 4 Boyolali (putri).

3. Kharisma Caesar dari MTs N 14 Boyolali (putri).

4. Atina Husna dari SMPN 1 Boyolali (putri).

5. Cristabel Bernike dari SMPN 2 Boyolali (putri).

6. Kayla Oktafiani dari SMPN 1 Kemusu (putri).

7. Ni Kadek Ayu Eva dari SMPN 2 Teras (putri).

8. Wahyu Sari dari SMPN 2 Andong (putri).

9. Danish Dzaki dari SMPN 2 Boyolali (putra).



10. Fayyadh Aryaputra dari SMPN 4 Boyolali (putra).

11. Lingga Setiawan dari SMPN 2 Andong (putra).

12. Rafif Bagas dari SMPN 1 Boyolali (putra).

13. Fatkhur Rohman dari MTs N 13 Boyolali (putra).

14. M. Wisma Yuli dari SMPN 1 Nogosari (putra).

15. Zidan Merdeka dari SMPN 2 Teras (putra).

16. Maryanto dari SMPN 1 Selo (putra).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya