SOLOPOS.COM - Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali 2023 di Alun-alun Pancasila Cepogo, Sabtu (8/7/2023). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menggelar malam penobatan atau Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali 2023 pada Sabtu (8/7/2023). Kegiatan ini dilaksanakan di Alun-alun Pancasila Cepogo Boyolali.

Dalam kegiatan malam penobatan tersebut, terdapat 20 peserta atau 10 pasang Mas dan Mbak Boyolali. Pada acara pembuka, mereka menyambut para tamu undangan dan para pendukung dengan tari kreasi berkelompok.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kesepuluh peserta laki-laki memakai pakaian adat bermotif lurik dan ikat kepala. Sedangkan kesepeluh peserta putri memakai kebaya kutu baru.

Setelah menari berkelompok, mereka secara berpasangan mempromosikan wisata-wisata di Boyolali mulai dari Samiran, Simpang Lima, susu segar, kerajinan tembaga, dan lain sebagainya.

Setelah selesai tampil, mereka kembali ke belakang panggung untuk berganti pakaian beskap dan kebaya.

Tampil kembali ke panggung untuk mendapatkan pertanyaan dari dewan juri secara acak. Masing-masing peserta kemudian mendapatkan pertanyaan dengan cara mengambil kertas yang disediakan panitia

Jawaban mereka kemudian dinilai oleh para dewan juri. Sebagai informasi, penilaian pada malam penobatan berbobot 30 persen dan sedangkan pada masa karantina 70 persen.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Budi Prasetyaningsih, mengungkapkan 20 peserta yang terpilih telah diseleksi dari total 101 peserta. Dari jumlah tersebut terdiri dari 39 peserta laki-laki dan 62 peserta perempuan.

Sebelumnya, ke-101 peserta melaksanakan seleksi tertulis, bakat, dan wawancara pada Minggu (2/7/2023). Dari tahap tersebut, mengerucut menjadi 10 pasang atau 20 peserta Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali.

Selanjutnya, 20 peserta terpilih melaksanakan karantina di Front One Hotel Airport Boyolali selama tiga hari mulai Kamis – Sabtu (6-8/7/2023). Dilanjutkan malam puncak pada Sabtu malam.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah yang pertama untuk memilih generasi muda yang kreatif, inovatif, berjati diri, dinamis, berbudaya, dan berwawasan luas, sekaligus memiliki kemampuan meningkatkan citra pariwisata di Kabupaten Boyolali,” katanya.

Tujuan kedua, lanjut Ning, mendorong tumbuh dan berkembangnya semangat memelihara, melestarikan adat serta budaya Boyolali, khususnya pada generasi muda. Ketiga, sebagai upaya mempromosikan potensi-potensi wisata dan budaya yang ada di Boyolali.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, yang hadir dalam kegiatan mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan Mas Mbak Boyolali.

“Semoga yang terpilih maupun yang tidak terpilih tetaplah bersemangat untuk membangun Kabupaten Boyolali,” jelas dia.

Berikut ini daftar pemenang Mas dan Mbak Boyolali 2023 di Alun-alun Pancasila Cepogo:

Juara I Mas Boyolali: Nawang Purbo Aji.

Juara I Mbak Boyolali: Nadila Tri Nastiti.

Juara II Mas Boyolali: Dimas Madyriptanto.

Juara II Mbak Boyolali: Ratna Nur H.

Juara III Mas Boyolali: Titan Kusuma.

Juara III Mbak Boyolali: Marshita Irma Nur.

Juara Mas Persahabatan: Zagar Iqbal  Hakim.

Juara Mbak Persahabatan: Siti Yogi Oktafiana.

Juara Mas Intelegensi: Haffiedzt Raffy A.



Juara Mbak Intelegensi: Yasmin Rosiana A.

Juara Mas Favorit: Muhammad Akbar Adhyaksa.

Juara Mbak Favorit: Octa Selsa Is A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya