SOLOPOS.COM - Panitia Musdes Pilkades PAW Purwosari, Wonogiri, selesai menghitung surat suara, Kamis (8/12/2022). Musdes tersebut diselenggarakan guna mencari pengganti kepala desa periode 2019-2025, Kadris yang meninggal dunia, Agustus 2022. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Desa (Pemdes) Purwosari, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan musyawarah desa (Musdes) pemilihan kepada desa pergantian antarwaktu (PAW) di balai desa setempat, Kamis (8/12/2022). Musdes tersebut diselenggarakan guna mencari pengganti kepala desa (kades) periode 2019-2025, Kadris yang meninggal dunia akibat kecelakaan, Agustus 2022.

Penjabat (Pj) Kades Purwosari, Ning Pras, mengatakan ada dua calon kepala desa (cakades) PAW, yaitu Kasno dengan nomor urut 1 dan Pariyo nomor urut 2. Sejak awal pendaftaran, hanya dua orang tersebut yang mencalonkan diri sebagai cakades PAW.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pengumuman cakades dilakukan saat musyawarah dusun (musdus), Rabu (7/12/2022). Hal itu sudah menjadi ketetapan panitia di waktu sebelumnya. 

Musdes PAW diikuti perwakilan warga dari 9 dusun. Masing-masing dusun maksimal mewakilkan 9 orang.

Perwakilan dusun harus memperhatikan unsur yang ada di masyarakat. Di antaranya tokoh adat, agama, petani, pendidikan, perempuan, dan masyarakat miskin. 

Baca Juga: Inilah Hasil Lengkap Pilkades di 15 Desa Wonogiri, 3 Cakades Petahana Tumbang

“Penunjukan perwakilan peserta musdes PAW dilaksanakan pada saat musdus. Saat musdus, pesertanya tidak dibatasi, semua warga dusun boleh hadir,” kata Ning saat ditemui Solopos.com di Kantor Kepala Desa Purwosari, Kamis.

Pantauan Solopos.com, musdes PAW dilaksanakan secara tertutup di Gedung Serbaguna Balai Desa Purwosari mulai pukul 10.00 WIB. Hanya panitia dan peserta musdes yang diizinkan di dalam ruangan tersebut. Sementara cakades PAW berada di rumah masing-masing.

Ketua Panitia Musdes PAW Purwosari, Budi Utomo, mengatakan mekanisme pemilihan semula bakal dilakukan secara musyawarah. Namun semua peserta menginginkan pilkades PAW dilakukan dengan cara voting atau pengambilan suara menggunakan surat suara. 

“Sesuai kesepakatan, pilkades dilakukan dengan cara voting tertutup. Panitia tidak menyediakan surat suara cetak yang bergambar masing-masing calon. Melainkan hanya menyediakan kertas lipatan yang ditandatangani dan dicap ketua panitia. Cara pilihnya, peserta menuliskan kertas tersebut menggunakan bolpoin. Kemudian dilipat dan dimasukkan ke kotak suara transparan,” jelas Budi.

Baca Juga: Politik Uang Warnai Pilkades Wonogiri, Pemilih Dapat Rp100.000 Jelang Coblosan

Proses pengambilan suara hingga penghitungan suara selesai sekitar pukul 12.30 WIB. Jumlah peserta musdes yang hadir sebanyak 81 orang atau penuh.

Hasil pilakdes dimenangi Pariyo dengan jumlah suara sebanyak 50. Sedangkan Kasno meraih suara sejumlah 31. Semua surat suara dinyatakan sah.

Pelantikan cakades PAW terpilih akan dilaksanakan, 30 Desember 2022, berbarengan dengan pemenang Pilkades Serentak Tahap I 2022 Wonogiri yang baru selesai diselenggarakan, Rabu (7/12/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya