SOLOPOS.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir bersama KGPAA Mangkunagoro X, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melihat kerajinan yang dipamerkan pada soft opening Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (21/1/2023). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO—Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, menyebut koalisi besar partai-partai di Pilkada Solo 2024, tinggal selangkah lagi terbentuk. Koalisi tersebut akan mengusung sosok Pengageng Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X.

“Ibaratnya tinggal klik saja. Untuk menjadikan satu frekuensi butuh pertemuan lagi, sehingga dalam waktu dekat akan ada pertemuan,” ujar dia kepada Solopos.com, Rabu (3/7/2024). Ardianto optimistis 11 parpol akan bergabung koalisi besar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Partai-partai itu yakni Partai Gerindra, PSI, PKS, PAN, PKB, dan Partai Golkar. Selain itu ada lima parpol nonparlemen yang akan bergabung, yaitu Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, Partai Prima, dan PBB.

Walau diakui dia Partai Golkar masih bersikap tarik ulur. “Partai Golkar masih tarik ulur wajar karena mereka punya Srikandi yang juga maju mendaftarkan diri ke Partai Gerindra dan PSI sebagai Cawali,” kata dia. Srikandi tersebut yakni Sekar Tandjung.

Namun, Ardianto optimistis Partai Golkar pada akhirnya akan bergabung dengan koalisi besar dengan mengusung KGPAA Mangkunagoro X sebagai Cawali Solo. Sebab masih ada waktu ke depan untuk melakukan pembicaraan itu dengan Golkar.

”Insya Allah kami optimistis [Partai Golkar akan bergabung dengan koalisi besar]. Toh semua masih bisa dibicarakan,” terang dia. Ditanya sudah berapa persen progres untuk terbentuknya koalisi besar pengusung MN X, menurut Ardianto sangat dekat.

“Kalau bicara sudah berapa persen terbentuknya koalisi besar, sudah sangat dekat. Sekali lagi, tinggal klik deklarasi saja,” tegas dia. Namun, diakui dia partai-partai koalisi besar harus bertemu sekali lagi untuk membahas beberapa hal.

Termasuk nama koalisi besar yang disepakati bersama. “Nama harus dibicarakan dalam pertemuan selanjutnya,” ujar dia. Terpisah, Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yogo Prabowo, menyatakan sudah bersepakat bergabung dengan koalisi besar.

Yoga, panggilan akrabnya, juga menyatakan PSI sudah bersepakat untuk mengusung MN X sebagai Cawali Solo 2024. “Kalau PSI sudah sepakat. Nah untuk partai lain tentu partai yang bersangkutan yang berkewajiban menjawab,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya