SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan mutasi pejabat. (Solopos/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo sudah mulai menjalankan seleksi terbuka empat jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II yang saat ini kosong. Proses seleksi diharapkan selesai akhir tahun ini sehingga awal 2022 sudah bisa mulai bertugas.

Data yang diperoleh Solopos.com, empat jabatan itu untuk Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH. Kemudian Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Para peserta akan menjalani serangkaian seleksi mulai dari seleksi administrasi, uji kompetensi, hingga wawancara. Saat ini, empat kepala OPD yang kosong diisi pelaksana tugas (Plt) untuk menjalankan program kegiatan sebelum diisi pejabat definitif.

Baca Juga: PT Sritex Sukoharjo Kirim Ribuan Pakaian untuk Pengungsi Erupsi Semeru

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Sumini, mengatakan para peserta sudah melalui proses seleksi administrasi dan yang lolos melangkah ke tahap selanjutnya yakni uji kompetensi. Masing-masing peserta seleksi pengisian jabatan eselon III itu wajib mempresentasikan makalah yang disusun sesuai visi dan misi Pemkab Sukoharjo.

“Hari ini [Senin], para peserta mengikuti uji kompetensi seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama. Kami ingin menggali potensi dan kemampuan masing-masing peserta sesuai bidangnya masing-masing,” katanya tanpa menyebut jumlah pasti peserta yang mengikuti uji kompetensi tersebut saat dihubungi Solopos.com, Senin (20/12/2021).

Pembinaan Karier PNS

Sumini menyebut kepala OPD harus memiliki integritas, kemampuan, dan pengalaman dalam menjalankan roda pemerintah dan melaksanakan berbagai program kegiatan. Kepala OPD juga dituntut inovatif dan adaptif dalam mengambil kebijakan dengan mempertimbangkan kearifan lokal.

Baca Juga: Kecelakaan, Karyawan Sritex Sukoharjo Meninggal saat Pulang Kerja

Proses seleksi empat jabatan pimpinan tinggi pratama Pemkab Sukoharjo itu ditarget rampung pada akhir Desember atau awal 2022. “Hasil proses seleksi empat jabatan pimpinan tinggi pratama dilaporkan kepada Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Kemudian, Bupati Sukoharjo bakal melantik empat pejabat untuk mengisi kekosongan OPD di lingkungan Pemkab Sukoharjo,” paparnya.

Lebih jauh, Sumini menambahkan mutasi jabatan merupakan bagian dari pembinaan karier pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini dilakukan untuk pembenahan dan pemantapan organisasi dan kelembagaan guna mendukung peningkatan pelayanan publik serta tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan yang baik.

Sekda Sukoharjo, Widodo, menyatakan tantangan dan beban kerja semakin berat pada masa mendatang. Karena itu, pemerintah ingin mengetahui kemampuan dan kapasitas masing-masing peserta yang akan mengisi jabatan kepala OPD. Terlebih, empat jabatan OPD baru yang kosong cukup strategis dan vital. Widodo berharap proses seleksi jabatan pimpinna tinggi pratama berjalan sesuai ketentuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya