SOLOPOS.COM - Logo KPU. (Instagram-@kpujateng)

Solopos.com, WONOGIRI — Dua dari lima petahana komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri masuk 10 besar dalam seleksi calon komisioner KPU periode 2023–2028. Sementara tiga orang petahana lain dipastikan tersingkir dalam seleksi tersebut.

Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi, dan Humas KPU Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya, kepada Solopos.com, Senin (31/7/2023), mengatakan dua petahana yang lolos 10 besar dalam seleksi tersebut yaitu Toto Sihsetyo Adi yang saat ini menjabat sebagai ketua merangkap anggota KPU Wonogiri dan Dwi Prasetyo sebagai anggota KPU Wonogiri.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sementara tiga orang petahana anggota KPU yang tidak lolos meliputi Pradika Harsanto, Augustina Puspa Dewi, dan Wahyu Nurjanah. Berdasarkan pengumuman hasil penelitian administrasi bakal calon anggota KPU Wonogiri 2023-2028 pada 2 Juli 2023 lalu, ketiga petahana itu masih lolos.

“Kelima petahana saat ini baru menjabat sebagai komisioner KPU Wonogiri satu periode. Makanya mereka semua ikut seleksi komisioner KPU Wonogiri lagi periode berikutnya,” kata Sahid.

Dia menjelaskan, tahapan seleksi calon komisioner KPU Wonogiri belum selesai. Sebanyak 10 orang yang lolos itu akan mengikuti fit and proper test untuk diambil lima komisioner KPU periode 2023–2028.

“Kami belum tahu kapan fit and proper test itu akan dilakukan kapan, masih menunggu jadwal dari KPU RI. Nanti 10 besar itu diplenokan, lima orang dilantik dan lima orang menjadi cadangan atau PAW (pergantian antarwaktu). Yang jelas sebelum 12 Oktober 2023, karena itu jadwal pelantikan,” ujar dia.

Calon petahan komisioner KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengakui ia masuk dalam 10 besar dalam seleksi calon anggota KPU Wonogirj periode berikutnya. Kini ia masih menunggu jadwal fit and proper test dari KPU RI.

“Iya, saya dan Pak Dwi [sebagai petahana] lolos 10 besar seleksi calon komisioner KPU Wonogiri periode selanjutnya,” kata Toto.

Menurut Toto meski saat ini dirinya menjabat sebagai Ketua KPU Wonogiri, pada periode selanjutnya ketika terpilih kembali sebagai komisioner, dirinya belum tentu menduduki jabatan yang sama.

“Semua kembali ke nol. Artinya bisa ada perubahan struktur. Nanti kan melalui pleno oleh KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Tengah,” ucapnya.

Berikut daftar calon komisioner KPU Wonogiri 2023–2024 yang lolos 10 besar:

1. Agus Sriyanto.

2. Doni Hafidhian.

3. Dony Agung Setiyawan.

4. Dwi Prasetyo.

5. Irawan Ary Wibowo.

6. Joko Mulyanto.

7. Muh. Nasikin.

8. Muhamad Iqbal.

9. Satya Graha.

10. Toto Sihsetyo Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya