SOLOPOS.COM - Warga berolahraga lari di depan deretan selter pedagang kuliner Manahan, Jl KS Tubun, Solo, Selasa (20/12/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Proyek pembangunan selter pedagang kuliner Manahan di Jl KS Tubun, Kecamatan Banjarsari, Solo, saat ini sudah rampung. Pedagang berharap bisa menempati selter tersebut dan berjualan mulai akhir tahun ini atau sebelum Tahun Baru.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa (20/12/2022) sore, selter sudah selesai dibangun namun kondisinya masih kotor dan debu material bangunan. Di area dalam selter itu terdapat sejumlah fasilitas, antara lain wastafel serta tiga lampu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Belum ada meja dan kursi makan di selter Manahan yang lokasinya di timur bangunan selter. Kondisi selter juga tampak polos belum ada nama usaha serta menu yang ditawarkan kepada konsumen.

Sejumlah warga melakukan aktivitas olahraga lari di jalur pedestrian di depan selter pedagang Manahan Solo saat itu. Ada pekerja yang melakukan aktivitas namun hanya mengurus tanaman di jalur pedestarian.

Ketua Paguyuban Gotong Royong, Koko, mengatakan pengurus paguyuban telah melakukan pertemuan dengan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo untuk membahas penempatan selter pekerjaan pembangunan selesai.

Baca Juga: Makin Cakep! Intip Wajah Baru Jalur Pedestrian Manahan Solo yang Hampir Jadi

“Kalau bisa kami berjualan [di selter] sebelum Tahun Baru. Ya itu menjadi momen lah,” katanya. Dia mengatakan paguyuban masih menunggu kapan tanggal pasti pedagang bisa mulai berjualan di selter tersebut.

Namun, dia mengklaim kemungkinan bisa berjualan sebelum Tahun Baru 2023. Menurut dia, Dinas Perdagangan sudah menyediakan ruang untuk meja dan kursi makan namun belum dipasang karena rawan hilang.

Nantinya meja makan serta bangkunya dipasang mendekati pembukaan selter pedagang Manahan Solo. “Melihat kayak gini mungkin ramai dengan ditata rapi. Kan pengunjung kemarin ramai. Sekarang lebih rapi, enak dipandang, dan buat nongkrong,” ungkapnya.

Baca Juga: Rampung Desember, PKL Manahan Solo Mulai Bersiap-Siap Kembali Jualan di Selter

Ketua Paguyuban Guyub Rukun Selter Manahan, Sudarto, menambahkan fasilitas toilet telah dibangun di ujung selter bagian utara dan selatan Jl KS Tubun.

Selain itu, lanjut dia, ada informasi salah satu bank akan membantu pedagang untuk memasang semacam papan usaha serta daftar menu yang ditawarkan supaya bentuknya seragam.

Terpisah, Kepala Disdag Kota Solo, Heru Sunardi, menjelaskan Selter Manahan bisa ditempati pedagang setelah ada proses serah terima pengelolaan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo. Belum ada tanggal pasti kapan Selter bisa ditempati. “Masih dirapatkan dengan paguyuban sambil nunggu serah kelola dari  DPUPR,” katanya melalui Whatsapp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya