SOLOPOS.COM - Tim Dinkes Sragen seusai melakukan monev ke salah satu pospam, Minggu (7/4/2024). (Istimewa/Dinkes Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Mulai 8-15 April 2024 seluruh kantor kecamatan di Kabupaten Sragen tutup karena libur dan cuti Lebaran. Sementara Unit Gawat Darurat (UGD) di 25 puskesmas di Sragen buka 24 jam untuk pelayanan medis.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen juga menerjunkan puluhan tenaga kesehatan (nakes) yang ditugaskan di pos pengamanan (pospam). Setiap pemerintah kecamatan membuat sosialisasi penutupan pelayanan kepada warga.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Camat Tangen, Tetuko Andri Setyawan, membenarkan seluruh kantor kecamatan se-Kabupaten Sragen tutup mulai Senin ini sesuai surat edaran cuti bersama. Ia telah menyosialisasikan cuti Lebaran itu lewat media sosial, perangkat desa dan kepala desa.

“Nanti dari beliau-beliau ini diteruskan ke ketua RT dan masyarakat lewat grup WhatsApp. Beberapa hari sebelumnya mulai libur sudah kami sosialisasikan biar ketika libur tidak kecele. Kasihan kalau sudah jauh-jauh datang ke kecamatan tapi tidak mendapatkan pelayanan,” ujarnya, kepada Solopos.com.

Sebenarnya kalau terkait imbauan, jelas dia, kenapa kami umumkan atau kami ingatkan sebelum libur dengan maksud bilamana ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan agar meluangkan waktu sebelum pelayanan tutup.

Sementara itu, Kepala Dinkes Sragen, Udayanti Proborini, menyampaikan selama cuti Lebaran UGD puskesmas tetap buka 24 jam. Ada nakes yang piket di puskesmas dan nakes lainnya juga piket yang ditugaskan di lima pospam. Setiap hari ada petugas yang terbagi dalam tiga sif di setiap puskesmas dengan jumlah personel menyesuaikan masing-masing puskesmas.

Jumlah personel yang piket tergantung kategori puskesmasnya,  rawat inap atau rawat jalan. Selama libur Lebaran pelayanan rawat inap pun tetap jalan.

“Termasuk pelayanan PSC 119 Sukowati juga buka terus 24 jam sebagai jejaring fasilitas kesehatan kedua. Sedangkan untuk personel yang ditugaskan di pospam dengan empat personel per sif yang terdiri tiga nakes dan satu sopir. Ada dua sif untuk jaga pospam. Ada lina pospam yang mulai operasional 4-16 April 2024. Setiap sif harusnya beda orang,” jelasnya.

Berikut ini jumlah personel nakes di 5 pospam Sragen:

  • Jumlah Dokter : 13 hari x 5 posko x 1 dokter : 65 orang
  • Jumlah paramedis ( bidan/perawat) : 2 orang x 3 sif x 5 posko x 13 hari : 390 orang
  • Jumlah driver : 1 orang x 3 shif x 5 posko x 13 hari : 195 orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya