SOLOPOS.COM - Lalu lintas di sekitar Solobaru, Sukoharjo, terpantau aman hingga, Sabtu (31/12/2022) pukul 19.11 WIB. (Istimewa/CCTV Dishub Sukoharjo).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kondisi lalu lintas di Sukoharjo masih terpantau sepi menjelang pesta perayaan tahun baru 2022 hingga Sabtu (31/12/2022) pada pukul 19.00 WIB.

Kondisi tersebut terjadi di ruas jalan alternatif Sukoharjo-Wonogiri dari arah Tawangsari, Weru menuju Wonogiri, Jalan KH Samanhudi, dan juga di ruas Jalan Jendral Sudirman.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan pantauan Solopos.com, kondisi jalan terpantau sepi dari kendaraan, meski kendaraan pribadi roda dua dan empat masih ada yang berlalu lalang.

Kendati demikian, Satlantas Polres Sukoharjo tetap menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan di wilayah Solobaru.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Sabtu malam, mengatakan rekayasa lalu lintas diperlukan jika ada kemacetan atau keramaian.  “Nanti dilihat dinamika keramaian di lokasi,” kata dia Sabtu malam.

Sementara, Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Sofia Wulandari, mengatakan hingga Sabtu malam ini belum terjadi kemacetan di Sukoharjo. “Saat ini belum [macet] nanti apabila diperlukan baru ada rekayasa lalu lintas,” kata AKP Sofia.

Berikut pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Polres Sukoharjo jika ada kemacetan.

1. Dari arah Sukoharjo

Pengendara dari arah Sukoharjo, setelah melewati Jembatan Bacem diarahkan belok ke kiri, lalu belok ke kiri lagi dari sesampainya di pertigaan depan area Kantor Pos Solo Baru, sesampainya di Balai Desa Langenharjo langsung belok ke kanan hingga Simpang 3 Jlopo.

Sesampainya di Simpang 3 Jlopo pengendara disarankan belok ke kanan hingga pertigaan Tanjung Anom. Sampai di pertigaan Tanjung Anom ambil arah ke kiri sampai ke Kota Solo.

2. Dari arah Solo

Sementara, pengendara dari arah Solo bisa langsung mengambil arah kiri atau belok kiri sesampainya di The Park Mall Solo Baru. Setelah itu ambil belok kanan menuju Sukoharjo via Jembatan Bacem.

Sementara, jika area The Park Mall Solobaru ramai, pengendara disarankan langsung belok kanan begitu sampai di pertigaan Tanjung Anom. Perjalanan menuju Sukoharjo bisa dilanjutkan dengan belok kiri ketika sampai di sekitar RS Dr Oen Solo Baru.

Kenaikan Kendaraan

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo, Toni Sri Buntoro menyampaikan hasil perhitungan kendaraan pada arus mudik pergantian tahun pada Jumat (30/12/2022) mengalami kenaikan.

“Di lokasi Tugu Kartasura, jumlah kendaraan yang keluar dari arah Semarang menuju Sukoharjo sejumlah 34.279 kendaraan, dengan peningkatan 0,87% dari lalu lintas normal. Arus lalu lintas normal sebanyak 33.987 kendaraan, lalu lintas terpadat berlangsung pukul 16.15-16.30 WIB,” kata Toni, Sabtu.

Di area lokasi Tugu Kartasura kendaraan yang melintas didominasi sepeda motor sebanyak 62,74%, mobil pribadi 29,89%, sementara angkutan barang 3,75% dan angkutan penumpang sebanyak 1,75%.

Sementara di lokasi Bulog Bulakrejo, jumlah kendaraan yang keluar dari arah Solo ke Sukoharjo sejumlah 35.653 kendaraan, dengan kenaikan sebesar 0,94% dari lalu lintas normal sebanyak 35.653. Sementara lalu lintas terpadat berlangsung pukul 16.00-16.15 WIB.

Kendaraan melintas paling banyak sepeda motor 65,67%, disusul mobil pribadi sejumlah 29,59%, angkutan barang 2,95% dan angkutan penumpang 1,04%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya