SOLOPOS.COM - Aparat keamanan menjaga TPS 04 Tawangmangu di tempat kelahiran Ganjar Pranowo pada Rabu (14/2/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 004 Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, yang berada di lingkungan tempat kelahiran calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo berjalan aman pada Rabu (14/2/2024).

TPS sana sejatinya masuk kategori sangat rawan di Jawa Tengah. TPS tersebut bahkan mendapatkan pengamanan ekstra ketat oleh aparat keamanan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pemilih berdatangan ke TPS 004. Dua polisi bersiaga di TPS tersebut. Selain itu mendapatkan bantuan pengamanan dari petugas Linmas setempat.

Ketua KPPS TPS 04 Tawangmangu, Lindu Aji, mengatakan pemungutan suara berlangsung aman dan lancar. Meski petugas KPPS sempat khawatir mengingat TPS tersebut masuk kategori sangat rawan.

“Semalam kami sempat deg-degan karena TPS masuk kategori sangat rawan. Tapi ini tadi ternyata berjalan aman dan lancar, bahkan biasa saja,” kata dia ketika dijumpai Solopos.com di TPS tersebut.

Dia mengatakan ada 201 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan enam pemilih terdaftar sebagai pindah pemilih.

Diberitakan sebelumnya, satu TPS di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar masuk dalam kategori sangat rawan di Pemilu 2024. Hal itu sesuai dengan hasil pemetaan tingkat kerawanan wilayah yang dilakukan Polri.

Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy, mengatakan dalam proses pemetaan wilayah, terdapat tingkatan kategori sesuai dengan kondisi wilayah, mulai dari tidak rawan, rawan, dan sangat rawan.

Untuk wilayah Jawa Tengah, lanjut Kapolres, terdapat sejumlah lokasi yang masuk tingkat sangat rawan, salah satunya berada di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

“Khusus di Jateng ada beberapa dan di Karanganyar ada 1 TPS yang di kategorikan sangat rawan. Iya itu Tawangmangu,” katanya.

Kapolres menuturkan satu TPS tersebut masuk kategori rawan karena menjadi tempat kelahiran Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3.

Dalam proses pengamananya, Polres Karanganyar menempatkan 2 personel selama pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya