SOLOPOS.COM - Warga Kelurahan Delingan, Kecamatan Karanganyar mengikuti vaksinasi booster Covid-19 sebelum menerima BLT subsidi minyak goreng dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Jumat (15/4/2022) di kantor kelurahan setempat. (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah kosong hampir sebulan terakhir, Pemkab Karanganyar akhirnya mendapat lagi pasokan vaksin Covid-19. Jumlah vaksin yang diterima dari Pemprov Jawa Tengah pada Senin (31/10/2022) sebanyak 167 vial atau 1.002 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, mengatakan segera mendistribusikan vaksin tersebut ke seluruh Puskesmas di Bumi Intanpari. “Hari ini kita ambil vaksin ke Provinsi. Nanti kami distribusikan ke puskesmas-puskesmas,” kata dia kepada Solopos.com.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia mengatakan vaksin Covid-19 yang diterima kali ini akan diprioritaskan untuk booster bagi masyarakat umum. Vaksin tersebut sebelumnya sempat kosong baik di layanan kesehatan di Puskesmas maupun di PMI Karanganyar.

“Cakupan vaksin pertama dan kedua kan sudah tinggi. Nanti yang kita terima ini untuk booster,” katanya.

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 di Karanganyar Masih Ada dan Bertambah, Stok Vaksin Kosong

Ketersediaan vaksin corona di Kabupaten Karanganyar dilaporkan mulai langka sejak sebulan terakhir. Warga kesulitan mencari vaksin tersebut.

Kepala Puskesmas Tasikmadu Bayu Patria mengatakan banyak warga yang menanyakan vaksinasi di Puskesmas. Mayoritas pencari vaksin untuk syarat perjalanan menggunakan moda transportasi umum sebagaimana ditetapkan pemerintah.

“Sudah kosong lama. Banyak yang ke Puskesmas tanya vaksin, tapi kosong,” kata dia belum lama ini.

Kekosongan vaksin hampir merata di wilayah Karanganyar. Pihaknya belum mengetahui secara pasti sampai kapan ketersediaan vaksin ada. Terakhir ketersediaan vaksin di Puskesmas Tasikmadu ada 100 dosis di pertengahan bulan ini. Itupun telah dipergunakan seluruhnya untuk vaksin dosis 1 dan 2 serta vaksin booster pertama.

Baca Juga: Kasus Ginjal Akut pada Anak Belum Terdeteksi di Karanganyar

“Bagi masyarakat yang tanya vaksin ada di mana, sampai kita tidak bisa jawab. Karena hampir semuanya kosong,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya