SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Sragen Suwarsono (kedua dari kiri) menerima berkas pendaftaran dari Ketua DPD PAN Sragen Basuki di KPU Sragen, Jumat (12/5/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sragen sempat salah unggah dokumen pada aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) saat mendaftarkan 50 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di KPU Sragen, Jumat (12/5/2023) petang. Perbaikan dokumen tersebut dilakukan PAN Sragen dan selesai pada Sabtu (13/5/2023).

Ketua DPD PAN Sragen, Basuki, mengatakan syarat 50 bacaleg sudah terpenuhi. PAN hanya memasang target lima kursi pada Pemilu 2024. Saat ini PAN hanya punya dua kursi yang diduduki Purwanto dan Suparno. Basuki berharap pada Pemilu 2024 bisa mendapatkan satu kursi per daerah pemilihan dan setiap dapil ada petarungnya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ya, ada berkas yang belum terpenuhi karena salah unggah. Mungkin faktor kecapaian dan sekarang sudah selesai diunggah. Hal itu bukan sesuatu yang sulit. Untuk target realistis saja ada lima kursi. Kalau kami pasang 7-10 kursi ya ditertawakan orang,” kata Basuki saat ditemui Solopos.com, Sabtu, di Alun-alun Sragen.

Basuki mengatakan ada pengacara delegasi dari Hotman 911 juga ikut bergabung menjadi bacaleg PAN, yakni Dhea Arrum Sasqia Putri, 25. Ia akan bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Sragen 5.

Basuki mengatakan bacaleg tertua ada Suparno dari Dapil Sragen 2 yang sudah berumur 72 tahun. Ada juga kepala desa di Kalijambe yang ikut maju sebagai bacaleg. Selain itu ada juga kader dari partai lain yang masuk ke PAN. “Target suara meningkat dari awalnya hampir 39.000 suara diharapkam jadi 48.000 suara,” katanya.

Bacaleg Dhea Arrum Sasqia Putri kepada Solopos.com menyampaikan alasannya maju ke dunia politik. Dia memilih PAN karena merupakan partai lokomotif reformasi. Dia menilai PAN menjadi partai yang mengakomodasi semua lapisan masyarakat, penyeimbang demokrasi, nasional relegius, demokrasi Islam, dan yang jelas sangat Pancasila.

“PAN salah satu partai yang kadernya komitmen memberantas korupsi, terbukti PAN tak memiliki kader yang terjerat korupsi selama 2021-2022. PAN juga partai kaum milenial, terbukti 40% kepala daerah dan DPRD dari PAN adalah usia muda dan milenial,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Sragen Mukhsin mengatakan untuk PAN hanya salah unggaj dokumen saja. Dia menerangkan dokumen yang diunggah seharusnya daftar bacaleg ternyata yang diunggah dokumen lain. Mekanismenya, katanya, diperbaiki dan diunggah lagi ke Silon.

Berikut daftar 50 bacaleg PAN Sragen

Dapil Sragen 1
– Devi Apriyanto
– Habib Khirzin Assidiqi
– Badriyatul Suprihatin
– Marjana Saputra, S.Pd.
– Nur Fauzi Ahmad
– Ellysa Puji Pangestu
– Purwanto, S.H. (petahana)
– Supriyadi
– Siti Fatimah, S.Pd
– Sutarmi
– Triyanto

Dapil Sragen 2
– Mohammad Titis Mufti
– Rebo Hadi Iswanto
– Defi Nurul Ariyanti
– Slamet Widodo
– Suparno, S.E (petahana)
– Siti Munawaroh
– Sri Lestari
– Widodo, S.H

Dapil Sragen 3
– Amat Yulianto, A.Md.
– Basuki, S.E
– Umi Sholihah
– Daryono
– Heriyanto
– Nurul Hidayati
– Yesi Puti Pramesti, S.T. S.Pd.I. M.Pd.I

Dapil Sragen 4
– Alex Fitroh Hadi P, S.E.
– Budi Nuryanto
– Diana Diah Lestari, S.Ag
– Paryoto
– Sriyadi
– Erna Riadiastuti, S.Sos
– Dra. Yuni Astuti R
– Sutardi

Dapil Sragen 5
– Dhea Arrum Sasqia Putri, S.H
– Jeni Susanti
– Jumiko Ramadhani
– Kartini
– Nurjito
– Triyono
– Wakhid Arifudin

Dapil Sragen 6
– Dedy Bayu Prayogo, S.Pd
– Muhammad Amir Anshori, S.M., M.M.
– Ethy Septiarsih, AMK
– Sigig Setiawan
– Sudiro Warsito
– Sri Rahayu
– Sunardi
– Sunardi, S.Ag
– Sri Wahyuni, S.Pd.

Sumber: silon KPU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya