SOLOPOS.COM - Petugas Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, saat ditemui wartawan di Embarkasi Solo, Senin (27/5/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO— Seorang calon haji atau calhaj Embarkasi Solo asal Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi karena terjatuh Senin (27/5/2024). Total sudah ada lima calhaj dari Embarkasi Solo  yang meninggal dunia.

Petugas Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, menyampaikan calhaj asal Kebumen yang meninggal tersebut bernama Achmad Dulah Mukti Sanmirja, 77, yang berdomisili di Muktisari, Kabupaten Kebumen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Achmad tergabung ke dalam Kloter 9 Embarkasi Solo AHD Boyolali. Ia dinyatakan meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, tepatnya di Rumah Sakit King Faisal pada pukul 17.50 waktu Arab Saudi.

“Informasi awal yang kami terima, calhaj tersebut sempat terjatuh. Sudah dilakukan perawatan dan tidak ditemukan bekas luka lebam maupun lecet. Selang tiga jam calhaj tersebut mengalami gejala tidak wajar, dan akhirnya meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit King Faisal” kata dia, Selasa (28/5/2024).

Gentur mengatakan saat ini pihaknya sedang dalam proses mengurus jenazah untuk menentukan lokasi pemakamannya.

Gentur memastikan jemaah calhaj yang wafat akan dibadalhajikan dan mendapat asuransi. Jemaah wafat diberikan asuransi sebesar minimal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) per embarkasi dan embarkasi Solo nilai Bipihnya Rp58.562.008.

Sementara itu, Gentur mengatakan per Selasa (28/5/2024) pukul 10.41 WIB calhaj yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan sebanyak 60 kloter, dengan total jemaah 21.617 jemaah.

“Adapun jemaah calon haji yang sudah diterbangkan menuju tanah suci sebanyak 58 kloter, dengan jumlah 20.873 jemaah,” kata dia.

Sedangkan jamaah calon haji yang sakit di Embarkasi, menurut Gentur, ada dua jemaah, yang dirawat di RS Moewardi, Solo. Kemudian dua jemaah calhaj yang sebelumnya dirawat di RSUD Deli Serdang sudah dinyatakan sembuh dan akan tiba di Solo hari ini untuk kemudian diatur ulang keberangkatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya