SOLOPOS.COM - Suasana The Park Mall Solo Baru di Grogol, Sukoharjo, Minggu (13/3/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Sejumah mal di Sukoharjo kini mulai bangkit setelah terimbas pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Manajemen mal di Sukoharjo mengatakan pengunjung sempat terjun bebas hingga tinggal 15 persen saat virus corona melanda.

Promotion Manager Pakuwon Mall Solo Baru, Rohaz Sabana, mengatakan pada Maret ini capaian pengunjung mencapai 80-90 persen.“Ketika varian baru [delta] masuk itu mulai parah selama tiga bulan, jumlah pengunjung hanya 15 persen, sekitar Juli, Agustus, September [2021] akhirnya pulih di akhir tahun 2021 bulan Oktober, November,” terangnya saat ditemui Solopos.com di mal setempat Jl. Ir. Soekarno, Grogol, Sukoharjo, Selasa (5/3/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dia mengatakan setelah angka pengunjung sempat mengalami kenaikan, kemudian pada awal tahun 2022 mulai turun lagi dikarenakan varian virus baru, omicron. Namun menurutnya dampak varian baru tersebut tidak terlalu berpengaruh dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Sudah Buka! Spot Kuliner untuk Buka Puasa di Eks Gedung Lowo Sukoharjo

Dia menduga masyarakat sudah mulai percaya diri ke luar rumah setelah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, kedua hingga booster. Rohaz menambahkan pengunjung mal pada awal 2022 ini mencapai 70 persen dan stagnan di angka 90 persen.

“Awal tahun 2022 memang sempat ada varian baru [omicron] tapi itu tidak terlalu berpengaruh pembatasannya tidak seperti dulu, pengunjung sudah mulai mencapai 50-60 persen. Maret ini come back 80-90 persen,” jelasnya. Dia mengatakan Februari 2020 memang sudah dimulai pandemi, tetapi dampaknya baru terasa sejak Maret 2020 dengan capaian pengunjung 20 persen.

Public Relation The Park Mall Solo Baru, Christina Tri Mawarti, mengatakan hal yang sama terkait kenaikan pengunjung di malnya. “Kalau dua tahun terakhir memang untuk trafik sudah mulai naik dengan adanya beberapa kelonggaran dari pemerintah tapi memang belum menjangkau untuk trafik normal,” katanya.

Baca juga: Mal di Sukoharjo Gelar Fashion Festival dan Bagikan Takjil Saat Ramadan

Dia mengatakan selama 2020 menuju 2022 ini trafik pengunjung cenderung naik. Dia mengatakan penurunan pengunjung terjadi pada awal pandemi 2020 di bulan Maret ketika mal dibatasi untuk operasionalnya. Christina mengatakan jumlah pengunjung saat ini memang belum mencapai angka 90 persen. Pengunjung hanya berkisar di antara 30 hingga 80 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya