SOLOPOS.COM - Longsor di wilayah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Selasa (8/3/2022) sore. (Istimewa/Sukarelawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan Tawangmangu-Jatiyoso tepatnya di Desa Sepanjang dan Bandardawung para Rabu (9/3/2022) sudah bisa dilewati. Warga bersama personel BPBD, TNI dan Polri telah menyingkirkan material longsor yang sempat memutus jalan sejak Selasa (8/3/2022) sore.

Sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di beberapa lokasi di wilayah Karanganyar, Selasa, termasuk jalan tersebut dan materialnya menutup sebagian jalan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hingga Selasa sore material longsoran ini belum dapat disingkirkan karena volumenya yang cukup banyak dan memerlukan alat berat. Selain itu cuaca hujan tak mendukung proses pembersihan jalan.

“Pembersihan sudah dilakukan hari ini bersama elemen yang lain. Menggunakan satu alat berat karena materialnya cukup banyak. Dan sekarang sudah selesai sehingga jalan-jalan yang kena longsoran sudah bisa dilewati warga,” ujar Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi, Rabu.

Baca Juga: Longsor Tutup Jalur Tawangmangu-Jatiyoso

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, melalui Kasat Samapta, AKP Gatot Gondo Hartoyo, mengatakan pihaknya mengerahkan satu peleton personel SAR Sat Samapta yang dipimpin oleh Kaur Bin Ops Sat (KBO) Samapta Ipda Budi Eko untuk membantu menyingkirkan material longsor.

Satsamapta juga menyertakan mobil SAR yang dimiliki untuk membantu memperlancar proses pembersihan tersebut. “Sejak pukul 06.00 WIB anggota kami sudah berangkat ke wilayah Tawangmangu untuk bergabung dengan rekan-rekan lainnya guna melakukan evakuasi pembersihan material longsor di dua titik yang ada di wilayah Tawangmangu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Tawangmangu, Kompol Ismugiyanto, mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati saat melintas di jalan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya