SOLOPOS.COM - Personel Polsek Tawangsari bersama masyarakat setempat membersihkan sampah yang menumpuk di pintu Bendungan aliran Sungai Pepe, Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo Rabu (17/11/2021). (Istimewa/Polsek Tawangsari)

Solopos.com, SUKOHARJO — Personel Polsek Tawangsari dan masyarakat Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo, bergotong-royong membersihkan sampah yang menumpuk di bendungan aliran Sungai Pepe, Rabu (17/11/2021). Hal ini untuk mengantisipasi dampak banjir yang diakibatkan sampah tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, kondisi sampah yang menumpuk tersebut sempat viral di media sosial, Selasa (16/11/2021). Pada foto yang diunggah di medsos, terlihat sampah-sampah bambu dan ranting pohon tampak banyak tertumpuk di dekat bendungan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: Wah! 3 Bupati Sukoharjo Era Reformasi Ternyata Berasal dari Solo Baru

Kapolsek Tawangsari, AKP Tri Jalu Wahyudi, mengatakan kondisi sampah di Bendungan Sungai Pepe sudah terlihat sejak Minggu (14/11/2021). Menurutnya, saat itu sampah-sampah yang ada di sungai ikut hanyut dan terkumpul di pintu air bendungan.

Oleh karena itu, Polsek bersama masyarakat setempat yang peduli dengan sungai melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah di Sungai Pepe, Majasto, Sukoharjo, itu.

Baca Juga: Petani Sukoharjo Usulkan Penutupan Dam Colo Digeser Mei-Juni, Kenapa?

“Ya saat Minggu itu kan hujan sedang deras-derasnya. Sampah dari aliran atas ikut hanyut sampai bendungan dan menghalangi pintu air. Melihat itu kami memutuskan membersihkan sampah itu,” ungkapnya ketika dihubungi Solopos.com.

Kapolsek menambahkan ada 10 warga setempat dan delapan personel Polsek Tawangsari yang terlibat dalam giat bersih sampah di sungai tersebut. Dari giat tersebut berhasil diangkut dua truk sampah yang kemudian dibuang ke tempat yang seharusnya.

Baca Juga: Tanah Kas 14 Kelurahan Kecamatan Sukoharjo Dilelang, Berapa Harganya?

“Tadi kami membutuhkan waktu sekitar lima jam untuk membersihkan sungai. Kami bersih-bersih dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kondisinya tadi juga mendukung karena arus sungai terhitung tidak deras,” ucapnya.

Kapolsek mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Sehingga potensi bencana banjir akibat sampah tersebut dapat diantisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya