SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. (pdpai.ums.ac.id)

Solopos.com, SOLO — Seluruh sekolah di bawah naungan Muhammadiyah di Kota Solo dipastikan libur alias tidak melaksanakan aktivitas pembelajaran tatap muka (PTM) selama pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, 18-20 November.

Sekolah Muhammadiyah bakal difungsikan sebagai lokasi transit para penggembira dari berbagai daerah di Indonesia. Acara seremonial pembukaan muktamar digelar di Stadion Manahan Solo pada 19 November.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sedangkan kegiatan muktamar dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sidang tanwir Muhammadiyah diselenggarakan di Gedung Auditorium Mohammad Djasman. Sedangkan sidang tanwir Aisyiyah diselenggarakan di Gedung Induk Siti Walidah.

Para penggembira Muktamar Muhammadiyah yang jumlahnya mencapai jutaan orang diperkirakan tiba di Kota Solo secara bergelombang mulai 16 November dan 17 November. Mereka langsung menuju lokasi transit yang disiapkan panitia penerima tamu muktamar.

Seluruh sekolah Muhammadiyah beralih fungsi sebagai lokasi transit para penggembira. “Seluruh sekolah Muhammadiyah digunakan untuk lokasi transit para penggembira,” kata Sekretaris Panitia Muktamar Muhammadiyah, Bambang Sukoco, saat diwawancarai Solopos.com, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: 2.500 Personel Gabungan Siap Amankan Solo selama Muktamar Muhammadiyah

Bambang mengatakan sebagian sekolah libur total mulai 16 November atau dua hari sebelum muktamar. Ada juga sekolah yang ancang-ancang libur pada 14 November.

Selain sekolah Muhammadiyah, panitia juga menyiapkan gedung Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), masjid, dan rumah warga yang longgar untuk lokasi transit para penggembira. Bahkan, panitia berencana meminjam sementara gedung-gedung sekolah negeri di sekitar Stadion Manahan.

UMS Libur 2 Pekan

Bambang menyebut aktivitas perkuliahan di kampus UMS diliburkan sepekan sebelum dan sesudah pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah di Solo. Kampus UMS menjadi venue utama sidang tanwir Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Baca Juga: Pengurus Gereja Katolik di Solo Beri Dukungan Sukseskan Muktamar Muhammadiyah

“Panitia mulai melakukan persiapan sidang tanwir di kampus UMS sepekan sebelum muktamar. Kemudian, sepekan setelah muktamar digunakan untuk menata kembali ruang-ruang di kampus,” ujarnya.

Sementara itu, Panitia Bagian Penggembira Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Nurul Khawari, mengatakan sudah ada seratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) se-Soloraya yang mendaftar sebagai peserta Muktamar Solo Great Sale (MSGS).

Event itu direncanakan digelar selama dua pekan, yakni sepekan sebelum dan sepekan sesudah muktamar, 18-20 November 2022. Event itu digelar untuk menyediakan informasi dan rekomendasi tempat makan halal dengan harga wajar.

Baca Juga: Muktamar Solo Great Sale, Upaya Panitia Cegah Penggembira Beli Kuliner Nonhalal

Selain itu, Muktamar Solo Great Sale menjadi bagian dari kontribusi pada peningkatan sektor UMKM. “Target utamanya toko makanan, oleh-oleh, toko pakaian dan wisata belanja lainnya. Sampai akhir Oktober, sudah ada seratusan pelaku UMKM yang mendaftar sebagai peserta MSGS,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya