SOLOPOS.COM - Warga merekam data untuk KTP elektronik di Kantor Dispendukcapil Kota Solo, kompleks Balai Kota Solo, Selasa (21/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan ucapan ulang tahun serta KTP elektronik kepada semua warga yang berulang tahun ke 17 tahun di Kota Solo.

Layanan itu merupakan inovasi Pemkot Solo yang telah mendapat penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada 2017. Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo memiliki sejumlah inovasi adminduk yang memudahkan masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo Yuhanes Pramono menjelaskan layanan itu adalah Sweet Seventeen KTP-El ku Datang. Disdukcapil Kota Solo datang ke sekolah-sekolah SMA/SMK/sederajat swasta dan negeri.

“Kami mendekatkan layanan perekaman KTP-el ke sekolah-sekolah. Ibaratnya sehebat pemain sepakbola seperti Messi gak akan bisa mencetak gol apabila tidak jemput bola. Sama seperti tim kami melakukan jemput bola mendekatkan sasaran dan tidak ada ada yang tercecer,” kata dia melalui siaran Radio PTPN, Kamis (4/5/2023).

Dia mengatakan Disdukcapil Kota Solo menyasar peserta didik yang berusia 16 tahun. Setelah pelajar berusia 17 tahun, mendapatkan undangan melalui Kantor Pos mengambil KTP serta mendapatkan ucapan ulang tahun dari Gibran.

Selain, Sweet Seventeen KTP-El ku Datang, lanjut Pramono, Disdukcapil Kota Solo memiliki inovasi bagi warga mulai lahir sampai meninggal dunia, yakni layanan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), dan kartu keluarga.

“Rumah sakit sudah bekerja sama dengan kami. Mengurus lewat online. Warga tak hanya menerima dokumen adminduk tapi dapat ucapan kepada orang tua dari Mas Wali dan buku Bolokuncoro [Bocah Solo Tekun Maca Aksara]” papar dia.

Selain itu, kata Pramono, anak yang lahir dalam keluarga berpenghasilan rendah akan mendapatkan BPJS. Disdukcapil Kota Solo juga memiliki program Besuk Kiamat.

“Program ini layanan untuk warga yang meninggal dunia segera diterbitkan akta kematian dalam waktu 1 x 24 jam,” jelas dia.

Kepala Bidang Pelayanan Penduduk Disdukcapil Kota Solo Ari Prabowo menambahkan Disdukcapil Kota Solo memberikan layanan ke rumah warga yang kesulitan datang ke kecamatan dan kantor Disdukcapil untuk perekaman adminduk.

Layanan itu, menurut Ari, diberikan kepada warga lansia dan warga berkebutuhan khusus. Tim Disdukcapil Solo datang ke rumah warga setiap Jumat atau sesuai permintaan atau kebutuhan mendesak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya