SOLOPOS.COM - Sendang kuno ada di tengah bangunan kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten. Hingga kini bangunan kuno itu masih dipertahankan. Foto diambil Senin (15/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Bangunan kuno seperti sendang dan terowongan berada di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Klaten. Keberadaan sendang tersebut hingga kini masih dimanfaatkan oleh pegawai Kantor Arpus Klaten.

Kepala Dinas Arpus Klaten, Syahruna, mengatakan hingga kini air dari sendang masih dimanfaatkan, salah satunya untuk wudu. Selama ini, sendang tersebut menjadi daya tarik tersendiri ketika tamu-tamu berdatangan ke Dinas Arpus.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tak jarang, ada orang yang berdatangan pada malam tertentu untuk mendatangi sendang. Syahruna tak tahu pasti tujuan mereka berdatangan ke sendang tersebut. “Semua tetap harus izin terlebih dahulu,” kata Syahruna saat ditemui di Dinas Arpus Klaten, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Ternyata, Ada Sendang dan Terowongan Kuno di Kantor Dinas Arpus Klaten

Syahruna menuturkan bangunan kuno yang masih tersisa di kompleks Dinas Arpus Klaten hingga kini masih dipertahankan meski belum lama ini ada proyek pembangunan di kantor tersebut. Sebelum proyek bergulir, Syahruna berkoordinasi dengan pengelola Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

“Saat proses pembangunan, kami konsultasi dulu ke BPCB. Intinya saat membangun itu kami tidak mengubah bentuk bangunan. Ada beberapa kerusakan yang akhirnya kami ganti tetapi tidak sampai mengubah bentuk bangunan,” kata Syahruna.

Soal sejarah bangunan kuno yang kini menjadi kantor Dinas Arpus Klaten itu, Syahruna tak tahu pasti. Hanya, dari penuturan sesepuh kampung setempat dulunya bangunan Kantor Dinas Arpus Klaten merupakan tempat beristirahat raja Keraton Solo.

Baca Juga: Kenalkan AKP Muhammad Fadhlan, Kasatlantas Polres Klaten yang Baru

Sebelum menjadi Kantor Dinas Arpus Klaten, bangunan itu juga pernah menjadi kantor kawedanan. Setelah itu, bangunan tersebut pernah digunakan untuk kantor kecamatan hingga kini menjadi Kantor Dinas Arpus Klaten.

Salah satu warga Kampung Kanjengan, Aloysius Edi Subiantoro, 65, mengatakan sendang tersebut sudah ada sejak zaman lampau. Dia juga membenarkan sejak zaman dulu hingga sekarang air sendang tak pernah surut maupun luber.

Kantor Dinas Arpus Klaten berada di Jl. Lombok, No. 2, Kampung Kanjengan, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah. Lokasinya tak jauh dari tugu titik nol kilometer (km) di tepi Jl. Pemuda yang juga masih satu kampung dengan kantor tersebut.

Baca Juga: Operasi Zebra Candi 2021, Polres Klaten Tiadakan Cegatan

Suasana bangunan kuno terasa terutama pada ruang baca perpustakaan yang merupakan bangunan joglo. Kayu-kayu tiang penyangga bangunan masih kukuh berdiri. Terdapat pintu-pintu kayu berukuran besar yang menjadi penghubung antarruangan. Ada dua ruangan berukuran lebih kecil yang juga terhubung dengan model pintu yang sama.

Memasuki lebih dalam ke kantor tersebut, ada sendang di tengah ruangan yang juga masih menjadi bagian dari sisa sejarah bangunan di masa lampau. Untuk menuju sendang itu, ada anak tangga. Lokasi sendang berada pada kedalaman sekitar 3 meter dari lantai bangunan perkantoran.

Sendang berukuran sekitar 1 meter x 2,5 meter. Air sendang bening dan tak pernah meluap. Airnya pun tak pernah habis meski berulang kali dikuras.

Baca Juga: Sering Nonton Bigo, Duda di Wonogiri Lakukan Pelecehan Seksual Anak

Bersebelahan dengan sendang, ada terowongan kuno yang terhubung dengan alur sungai di depan Kantor Dinas Arpus dengan panjang sekitar 50 meter. Belum diketahui pasti ukuran terowongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya