SOLOPOS.COM - Tujuh pancuran di Sendang Manten, kompleks Pertapaan Pringgondani, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. (Youtube/@WMP Official)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sendang Manten atau Temanten adalah salah satu tempat yang dikeramatkan oleh sebagian orang yang meyakini dengan hal-hal klenik. Lokasinya berada satu kompleks dengan tempat Pertapaan Pringgondani, tepatnya di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Mengutip dari sejumlah sumber, Sendang Manten merupakan kolam yang disakralkan. Sebagian orang  menyebutnya dengan  nama Sendang Pengantin. Sendang Manten biasanya menjadi lokasi puncak dari ritual pertapaan di Pringgondani. Orang yang selesai bertapa akan menyempurnakannya dengan mandi di tujuh pancuran yang keluar dari tebing di Sendang Manten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pertapaan Pringgodani kerap menjadi rujukan bagi orang yang ngalap berkah. Seringkali juga dikunjungi oleh tokoh masyarakat dan tokoh politik menjelang pemilihan umum.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, suhu udara di Sendang Manten ini cukup dingin. Sempat ada seorang pengunjung asal Sidoarjo, Jawa Timur, bernama Henry Bayu Tumanggor, 54, meninggal di Gubug Sendang Manten pada awal Februari 2022 lalu. Ia meninggal karena hiptermia alias kedinginan saat menjalani ritual di sana.

Baca Juga: Mengenal Pringgondani Tawangmangu, Pertapaan di Ketinggian 1.300 Mdpl

Solopos.com belum menemukan sumber valid yang menceritakan soal asal-usul Sendang Manten dan kenapa dinamakan demikian.

Lokasi Sendang Manten bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum. Dari Terminal Tawangmangu lokasinya berjarak sekitar 4 km. Pengunjung bisa menaiki angkutan umum jurusan Tawangmangu-Sarangan.

Setelah itu dilanjutkan dengan mendaki sejauh kurang lebih 3 km dari Desa Blumbang sebelum tiba di Pertapaan Pringgondani. Di sana adal petilasan atau kuburan tokoh yang diyakini bernama Eyang Koconegoro. Di lokasi tedapat toilet, tempat bilas, dan joglo tempat meditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya