SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum. (Antaranews.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pertarungan sengit akan terjadi untuk meraih kursi sebagai wakil rakyat di DPR melalui daerah pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah.

Dapil IV Jawa Tengah meliputi Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri ini menjadi Dapil neraka yang diperebutkan para bakal calon legislatif (bacaleg).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejumlah tokoh politik lokal, nasional, pendatang baru serta petahana akan bersaing. Mereka berebut menjadi anggota DPR dari total alokasi tujuh kursi di Dapil IV Jawa Tengah.

Berdasarkan data dihimpun Solopos.com, sejumlah nama bacaleg DPR bakal bertarung di Dapil IV Jawa Tengah di antaranya politisi PDIP Paryono, Dolfie OFP, Bambang Wuryanto, dan putri sulung Puan Maharani bernama Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari.

Cucu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang dikenal Pinka Haprani ini mengikuti jejak Puan terjun ke kancah politik. Selain Pinka Haprani, pendatang baru lainnya siap bertarung di Dapil IV Jawa Tengah juga datang dari Bupati Karanganyar Juliyatmono. Politisi Partai Golkar senior ini maju nyaleg dengan Endang Maria Astuti (petahana).

Kemudian dari PKS, selain petahana Hamid Noor Yasin juga menugaskan Andri Budiono sebagai Bacaleg DPR di Dapil IV. sebelumnya Andri Budiono selama dua periode sebagai anggota DPRD Karanganyar. PKB menempatkan Luluk Nur hamidah, petahana yang saat ini masih menjadi anggota DPR serta Tatag Prabawanto, mantan Sekda Kabupaten Sragen.

Pendatang baru yang juga akan bertarung menuju kursi DPR adalah politisi Partai Gerindra, Sriyanto Saputro. Saat ini Sriyanto masih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Saat sekarang, seluruh Bacaleg telah mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilihan umum (Pemilu) yang akan digelar serentak pada Februari 2024 mendatang.

Petahana dari PDIP, Dolfie OTP tak khawatir dengan masuknya nama-nama baru di Dapil IV Jawa Tengah. Menurutnya persaingan dalam konstestasi politik merupakan hal biasa.

“Tidak masalah di manapun namanya politik ya harus siap bertarung,” kata dia ketika dijumpai seusai konsolidasi Pemenangan Pemilu di Kantor DPC PDIP Karanganyar pada Kamis (1/6/2023).

Dolfie mengatakan sebagai petugas partai siap ditempatkan di manapun. Petugas partai juga berkewajiban memenangkan partai dalam pesta demokrasi Pemilu 2024 nanti.

Pemerhati masalah sosial kemasyarakatan Karanganyar, Kiswadi Agus mengatakan pertarungan untuk mendapatkan satu kursi di DPR melalui Dapil IV bakal ketat.

Dibutuhkan strategi tepat untuk bisa memenangkan pertarungan. Tidak hanya melalui struktur partai, penggalangan dukungan juga harus melibatkan para sukarelawan, tokoh masyarakat, tokoh agama serta berbegai elemen lainnya.

Selain mesin partai, dukungan dari sukarelawan memiliki andil yang cukup kuat. Disamping itu, Bacaleg ini juga harus melakukan pemetaan terkait basis massa pendukung di Dapil IV ini.

“Dapil IV akan sangat ketat persaingannya baik dari eksternal atau di internal bacaleg sendiri. Seperti PDIP masuknya putri Puan Maharani menambah ketat persaingan di Dapil IV Jawa Tengah. Untuk peluang pertahana kansnya masih besar untuk menang,” katanya.

Diketahui perolehan kursi hasil Pemilu legislatif (pileg) 2019 lalu dari Dapil IV Jawa Tengah, PDIP berhasil meraih empat kursi, PKB satu kursi, PKS satu kursi serta Partai Golkar satu kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya