SOLOPOS.COM - Para pekerja sedang melakukan pembongkaran jembatan rel kereta api lama di sisi barat Viaduk Gilingan, Selasa (26/3/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO– Satu pekan menjelang pembukaan sementara Viaduk Gilingan untuk arus Lebaran 2024, Rabu (3/4/2024) malam mendatang, progres pembangunan saat ini mencapai 60%.

Hal tersebut disampaikan oleh Site Manager Pembangunan Viaduk Gilingan, Niko Herlambang, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (26/3/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Progres saat ini sudah 60-70%, karena target kita sesuai kesepakatan rapat koordinasi dengan Dishub, Satlantas Polresta Solo, DPUPR dan instansi-instansi terkait adalah jalan viaduk fungsional sebelum lebaran” kata Niko.

Niko menjelaskan saat ini dalam proses pembangunan tidak ada kendala berarti. Hanya ketika hujan deras proses pengerjaannya harus ditunda sementara waktu.

Guna mengejar sisa target pembangunan, Niko, akan menggeber pekerjaan dengan menambah jam kerja para pekerja di lapangan atau kerja lembur. Dan Ia memastikan pada, Rabu (3/4/2024) Viaduk Gilingan sudah bisa dilewati para pengguna jalan.

“Kita maksimalkan kerja lembur dan Insya Allah tanggal 3 April kita bisa open traffic untuk fungsional,” jelasnya.

Pantauan Solopos.com, Selasa (26/3/2024) pagi, pembongkaran jembatan rel kereta api lama sisi timur sudah selesai. Belasan pekerja saat itu fokus melakukan pembongkaran jembatan  rel lama pada sisi barat menggunakan ekskavator.

Selain itu, jalan di bawah Viaduk Gilingan sudah dilakukan pelebaran dan penurunan elevasi. Jika mengacu rencana kerja PT Calista Perkasa Mulia, seharusnya pekan ini sudah masuk proses finishing dan pengerjaan jalur pejalan kaki untuk wisatawan Masjid Sheikh Zayed.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengharuskan proyek pembangunan Viaduk Gilingan tahap dua ini selesai dalam tiga pekan. Supaya tidak menyulitkan para warga atau pemudik yang melintas

“Kita prioritaskan Viaduk Gilingan harus rampung dalam tiga Minggu. Agar tidak mempersulit warga atau pemudik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya