SOLOPOS.COM - Citra satelit prakiraan cuaca BMKG Januari 2020 (BMKG)

Solopos.com, WONOGIRI -- Setelah diguyur hujan hampir setiap hari selama kurang lebih satu bulan pada Desember 2019 hingga awal Januari 2020, cuaca wilayah Soloraya belakangan ini berubah panas dan hujan jarang turun.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo, menjelaskan musim hujan di Jawa Tengah memang mengalami jeda di sebagian wilayah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Beli Rumah? Ajukan KPR Online di Sini, Gampang Banget!

Hal itu karena adanya subsidensi angin pasat tenggara hingga selatan yang bersifat kering.

Driver Ojol Cantik Ini Melawan saat Dipepet Penumpang Laki-laki Nakal

Selain itu, terjadi pertumbuhan pola siklonik di barat daya Sumatra dan diikuti pembentukan Borneo Vortex atau pola siklonik di barat laut Kalimantan mengganggu aliran massa udara yang bersifat basah dari utara ke wilayah Jawa Tengah.

Biar Bisa Capai Orgasme, Ini Cara Stimulasi Payudara Wanita

BMKG Ahmad Yani terus memantau citra satelit terkini. Hasilnya, pola-pola siklonik di barat daya Sumatra dan barat Kalimantan sekarang sudah punah. Aliran massa udara basah dari Benua Asia kembali bergerak ke selatan ekuator Indonesia,” kata Achadi sebagaimana rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (22/1/2020).

Tragis, Pria Ditemukan Tewas Tengkurap di Atas Istri Tertimpa Kandang Ayam

Aliran itu, lanjut Achadi, membentuk pola konvergensi dengan angin pasat tenggara di sekitar Pulau Jawa.

Mahasiswi Cantik UNS Solo Sukses Jualan Sari Lemon Beromzet Ratusan Juta

Pada daerah pertemuan angin tersebut terdapat potensi pertumbuhan awan-awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Keren! Begini Penampakan Desain Flyover Purwosari Solo



Potensi itu diperkirakan terjadi pada 21-23 Januari dengan sebaran di sejumlah daerah.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!

"Mencermati kondisi di atas masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis berupa angin kencang, banjir, banjir bandang, dan tanah longsor,” imbau Achadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Bus Terguling di Balekambang Malang, 5 Orang Luka-luka

Bus Terguling di Balekambang Malang, 5 Orang Luka-luka
author
Newswire , 
Imam Yuda Saputra Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kondisi bus terguling di akses utama menuju kawasan Pantai Balekambang, di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com-Antara/Polsek Bantur)

Solopos.com, MALANG – Sebuah bus berukuran sedang terguling di jalur kawasan Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (4/5/2024) sore. Akibat kecelakaan tersebut, lima orang penumpang mengalami luka-luka.

Kapolsek Bantur, AKP Sutadi, mengatakan peristiwa bus terguling itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. “Ada lima korban luka dalam peristiwa bus yang terguling dengan total penumpang sebanyak 25 orang. Musibah terjadi saat kendaraan berpelat nomor W 7065 X yang dikemudikan AR melaju dari arah selatan ke utara dengan kondisi medan yang menanjak,” jelasnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun, lanjutnya, meskipun kondisi akses jalan yang menanjak, pengemudi menggunakan gigi transmisi dua. Akibatnya, dengan kondisi jalan yang menanjak dan kendaraan tidak memiliki kekuatan untuk bergerak, maka pengemudi memindahkan ke gigi transmisi satu.

Koran Solopos

“Namun hal itu tidak berhasil, sehingga bus tidak kuat menanjak dan mundur, kemudian menabrak kendaraan lain yang berada di belakangnya. Bus kemudian terguling,” katanya.

Ia menambahkan korban luka akibat peristiwa tersebut adalah Sulastin mengalami luka robek di kepala, Siti Fadhilah mengalami patah tulang pergelangan kiri, Lia Dewi mengalami patah tulang tangan kiri, Dewi Nurul luka patah tulang kaki kanan dan Suliatin patah tulang tangan kiri.

Peristiwa tergulingnya bus tersebut, lanjutnya, terjadi dalam kondisi cuaca cerah, dan jalan lurus serta kondisi aspal yang kering. Selain itu, tidak ada gangguan terkait kondisi pencahayaan di sekitar lokasi kejadian.

Emagazine Solopos

“Faktor yang mempengaruhi kecelakaan, karena pengemudi bus mikro tersebut kurang menguasai medan sehingga menggunakan gigi dua menyebabkan kendaraan tidak kuat menanjak,” katanya.

Personel Polres Malang bersama sejumlah instrumen terkait diterjunkan untuk mengevakuasi bus yang terguling pada jalur utama menuju kawasan Pantai Balekambang, tepatnya di tanjakan Daun Sempal, Desa Srigonco tersebut.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tim Thomas Melaju ke Final melalui Penampilan Superior atas Taiwan

Tim Thomas Melaju ke Final melalui Penampilan Superior atas Taiwan
author
Newswire , 
Abu Nadzib Sabtu, 4 Mei 2024 - 20:51 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tim Thomas dan Tim Uber 2024 melaju ke final secara berbarengan untuk kali pertama sejak 1998. (Istimewa/IG @erickthohir)

Solopos.com, CHENGDU — Berbeda dengan Tim Uber Indonesia yang susah payah ke final, Tim Thomas tampil superior atas Taiwan untuk menggapai babak puncak turnamen yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China tersebut.

Indonesia menang 3-0 melalui Anthony Ginting, Jonatan Christie dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting membuka kemenangan pertama Indonesia atas wakil Taiwan Chou Tien Chen melalui dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-19.

Ginting membutuhkan waktu 51 menit untuk menghentikan perlawanan Chou Tien Chen.

Koran Solopos

Baik Ginting maupun Chen sudah sama-sama tahu pola permainan seperti apa yang harus mereka terapkan.

Kedua pemain memiliki tipe permainan yang cepat dan rapat, sehingga untuk mengoleksi angka pun menjadi ulet.

Namun Ginting berhasil mengamankan interval gim pertama, sebelum pada akhirnya Chou mengejar dan menyamakan kedudukan 12-12.

Selepas turun minum, Ginting terus memperpanjang jarak keunggulan hingga 19-13 hingga akhirnya merebut game point pertama.

Namun Chou tidak menyerah dan menambah lima angka beruntun untuk melambatkan laju skor Ginting, sampai Ginting merebut gim pertama dengan skor 21-18.

Gim kedua, Chou memberikan tekanan terlebih dahulu untuk Ginting sehingga wakil Indonesia sempat beberapa kali tertinggal.

Emagazine Solopos

Setelah jeda singkat, tunggal putra peringkat tujuh dunia mulai mengejar dan menyamakan kedudukan 13-13, 15-15, dan 16-16.

Di poin-poin krusial ini, Ginting terlihat mulai mau bersabar dalam meladeni bola-bola dan reli panjang, sampai akhirnya kedudukan berbalik unggul, dan mengklaim gim kedua 21-19.

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menggandakan keunggulan Indonesia atas Taiwan setelah menang atas pasangan unggulan Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin melalui rubber game 16-21, 21-19, 21-18.

Fajar/Rian butuh waktu 63 menit untuk menundukkan unggulan dari Taiwan tersebut.

“Bersyukur kami bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia. Pertandingan hari ini, lawan bermain dengan baik, mempunyai drive dan speed yang luar biasa,” kata Rian saat ditemui seusai pertandingan, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dengan kedua pasangan yang sudah sering bertemu di lapangan, Fajar/Rian dan Lee/Wang langsung menerapkan strategi mereka untuk merebut poin dari lawan masing-masing.

Kedua pasangan bermain dengan tempo yang cepat, dan banyak mengandalkan serangan-serangan langsung dan pendek.

Interaktif Solopos

Namun pada gim pertama ini Lee/Wang memiliki kontrol yang sedikit lebih baik hingga akhirnya merebut gim pertama 21-16.

Berlanjut ke gim kedua, Fajar/Rian berusaha untuk menemukan performa permainan terbaik mereka.

Tak hanya mengandalkan pola serangan seperti gim sebelumnya, juara bertahan All England Open itu juga berupaya untuk menempatkan bola-bola di sisi-sisi yang menyulitkan lawan.

Strategi itu pun terbukti memberikan tekanan yang cukup untuk Lee/Wang. Namun perlahan tapi pasti lawan kembali mengejar perolehan angka.

Game point gim kedua pun direbut oleh Fajar/Rian dan memaksakan adanya rubber game.

Pada gim penentuan, Fajar/Rian kembali menemukan kepercayaan dirinya dan lebih berani untuk memberikan variasi serangan.

Kembali menjaga fokus, pasangan Indonesia meraih match point sampai akhirnya membungkus kemenangan tipis 21-18.



“Di gim kedua dan ketiga kami harus bisa melawan drive-drive mereka itu dan membuahkan hasil. Yang penting kami fokus di setiap poinnya,” ujar Fajar.

Tunggal putra Jonatan Christie memuluskan langkah tim Indonesia menuju babak final Piala Thomas 2024 setelah memastikan kemenangan 3-0 atas Taiwan.

Jonatan menang atas Wang Tzu Wei melalui dua gim langsung dengan skor 21-11, 21-16, dalam tempo 44 menit.

“Puji Tuhan bisa melaju ke babak final lagi selama tiga edisi berturut-turut. Sangat happy, bangga, dan bersyukur. Terlebih karena tahun ini (skuad) diisi dengan pemain-pemain muda, jadi rasanya lebih spesial,” kata Jonatan saat ditemui seusai pertandingan.

Jonatan segera mendominasi jalannya pertandingan gim pertama melalui variasi pukulan yang efektif.

Wang, yang baru pertama kali turun pada pertandingan Piala Thomas edisi kali ini, terlihat tidak nyaman dengan permainannya dan jatuh ke dalam ritme Jonatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Mesum! Penjual Somai di Semarang Curi Ratusan Celana Dalam sejak 2022

Mesum! Penjual Somai di Semarang Curi Ratusan Celana Dalam sejak 2022
author
Imam Yuda Saputra Sabtu, 4 Mei 2024 - 20:49 WIB
share
SOLOPOS.COM - Jeri, seorang penjual siomay yang ditangkap Polrestabes Semarang karena telah mencuri ratusan celana dalam wanita di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Aparat Polrestabes Semarang meringus seorang penjual siomai, Jeri, 31, yang nekat melakukan pencurian celana dalam di berbagai indekos di wilayah Banyumanik, sejak tahun 2022. Dari penangkapan itu, polisi turut mengamankan sekitar 657 celana dalam perempuan hasil curian pria asal Bandung tersebut.

Kapolsek Banyumanik, Kompol Ali Santoso, mengatakan pelalu sempat terekam CCTV mengambil sejumlah celana dalam yang sedang dijemur. Warga yang geram akhirnya meringkus pelaku saat menjalankan aksinya pada Jumat (3/5/2024) dini hari.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Sekitar pukul 01.50 WIB, pelaku naik pagar dan mengambil celana dalam sebanyak tiga potong. Setelah pelaku beraksi, warga yang mengamati gerak-geriknya kemudian menangkap. Jadi gerak gerik pelaku memang sudah diawasi karena banyak warga yang mengeluh kehilangan celana dala,” ujar Kompol Ali saat menggelar jumpa pers di Mapolsek Banyumanik, Sabtu (4/5/2024).

Setelah ditangkap, pelaku kemudian diserahkan ke aparat kepolisian. Kepada polisi, pria penjual somai asal Bandung it mengaku celana dalam yang dicuri itu digunakan untuk melampiaskan nafsu.

Koran Solopos

“Pelaku mengaku ingin bersetubuh [dengan menyewa pekerja seks komersial] tapi mengaku tidak punya uang dan keberanian, sehingga memilih mencuri celana dalam kemudian mengalami kepuasan tersendiri,” ungkap Kapolsek Banyumanik.

Lebih lanjut, saat dilakukan penggeledahan di tempat pelaku, polisi juga mendapati adanya 675 celana dalam hasil curian yang disimpan di kamar pelaku. Ratusan celana dalam itu ditumpuk dan tak pernah dicuci.

“Dalam beberapa tahun itu [mencuri CD] lokasinya berbeda-beda, tapi di sekitar lokasi [Banyumanik],” imbuhnya.

Emagazine Solopos

Atas perbuatannya, pria penjual somai asal Bandung itu pun dijerat Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun. Meski demikian, polisi mengupayakan Restorative Justice karena ada dugaan pelaku mengalami gangguan kejiwaan.

Sementara itu, pelaku, Jeri, mengaku aksi mencuri celana dalam dipicu hasrat ingin melakukan hubungan intim dengan perempuan. Ia ingin menyewa pekerja seks komersial (PSK) namun mengaku tak punya uang.

“Saya beraksi sejak tahun 2022. Awalnya ingin open BO tapi tidak memiliki uang, lalu saat jualan somai melihat CD [celana dalam]. Spontan saya ambil,” aku Jeri.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories