SOLOPOS.COM - Serah terima kirab Pemilu 2024 di Pendapi Balai Balai Kota Solo, Sabtu (14/10/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Serah terima Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen ke KPU Solo digelar di Balai Kota Solo, Sabtu (14/10/2023) sore hari. Kegiatan itu untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat serta mendongkrak tingkat partisipasi pemilih dalam kontestasi politik lima tahunan pada tahun depan.

Dalam kesempatan itu, bendera kirab Pemilu 2024 diserahterimakan dari KPU Sragen ke KPU Solo. Prosesi serahterima bendera kirab Pemilu disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo, organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Solo. Hadir pula perwakilan partai politik (parpol) peserta pemilu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kirab Pemilu 2024 mengambil tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”. “Kirab Pemilu ini menjadi bagian dari upaya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Agar tahapan pemilu berjalan lancar dan profesionalitas,” kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti.

Bendera kirab pemilu bakal berada di Kota Bengawan selama enam hari. Bendera kirab pemilu bakal diserahterimakan ke KPU Boyolali pada akhir pekan depan. “Kirab pemilu jalur V dimulai dari Maluku Utara, kemudian melewati wilayah Jawa Timur dan Kabupaten Sragen. Sekarang tiba di Kota Solo. Ini bisa menjadi momentum pendidikan politik bagi masyarakat menjelang pemilu,” papar dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, berharap partisipasi semua pihak dalam menyukseskan agenda pesta demokrasi terbesar untuk memilih calon pemimpin masa depan. Teguh berharap pemilu melahirkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.

Acara diakhiri dengan pawai peserta pemilu yang diikuti anggota 18 parpol. Mereka berjalan kaki dari Balai Kota Solo menuju Jalan Kapten Mulyadi atau mengelilingi Benteng Vastenburg dan kembali ke Balai Kota Solo. Gegap gempita dan suara nyanyian mengiringi pawai peserta pemilu di sepanjang jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya