SOLOPOS.COM - Seratusan alumnus Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Gedung Umat Islam, Solo, Sabtu (20/1/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Seratusan orang alumnus Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Gedung Umat Islam, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Sabtu (20/1/2024).

Deklarasi alumnus yang mengaku Alumni UNS Pejuang Perubahan itu dimulai sekitar pukul 13.30 WIB. Mengenakan kaus putih, mereka membaca deklarasi secara serentak kemudian dilanjutkan diskusi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Pelaksana Deklarasi, Djoko Karyono, mengatakan kegiatan deklarasi dan diskusi tersebut adalah bagian dari pesta demokrasi menyambut Pemilu 14 Februari 2024.

“Kita selenggarakan kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan Pilpres, pelaksanaan Pileg yang nanti wajib berjalan jujur, adil, dan aman,” kata Djoko ketika memberikan sambutan.

Dia mengatakan sebagai pemilih, ia memiliki hak untuk menyatakan dukungan secara terbuka kepada kandidat presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies-Muhaimin.

“Kami berharap kegiatan ini memberikan semangat kita semua. Karena pada akhirnya kemenangan ditentukan oleh suara terbanyak, maka perlu kita gaungkan semangat kemenangan Amin,” kata dia.

Djoko menyampaikan ada beberapa aspirasi yang akan disampaikan kepada paslon 1. Dalam bidang politik yakni melaksanakan trias politika secara murni dan konsekuen. “Trias politika ini dilakukan untuk memisahkan eksekutif dan legislatif,” kata dia.

Di bidang hukum dan keamanan, mereka meminta Amin mengembalikan marwah penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, dan KPK. “Di bidang ekonomi, kami menyampaikan aspirasi agar Paslon 1 nantinya menjalankan Pasal 33 UUD 1945, yang mengatur ekonomi berkeadilan,” kata dia.

Lalu pada bidang kesejahteraan rakyat dan pelayanan publik, Anies-Muhaimin diminta menjalankan amanat UUD ’45 untuk mensejahterakan kaum miskin dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara adil dan merata.

Dia mengatakan aspirasi tersebut akan disampaikan kepada Timnas Amin untuk disampaikan kepada Anies dan Muhaimin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya