SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) didampingi Wali Kota Solo F. X. Hadi Rudyatmo (kiri) meninjau Puskesmas Banyuanyar, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/4/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO– Pemerintah Kota (Pemkot) Solo merelokasi Puskesmas Banyuaranyar ke  Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo pada tahun ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Solo Siti Wahyuningsih mengatakan pembangunan Puslesmas di Sumber dilakukan 2023. Puskesmas Banyuanyar merupakan puskesmas dengan wilayah kerja Kelurahan Banyuanyar dan Sumber.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Puskesmas Banyuanyar dipindah ke Sumber karena Puskesmas Banyuanyar sering kebanjiran, tempatnya tidak representatif,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (16/1/2023). 

Dia mengatakan tata ruang serta luas Puskesmas Banyuanyar yang kurang membuat ambulans sulit bermanuver. Ruangan yang kecil tidak standar.

“Kalau direhab gak bakalan baik makanya kami relokasi,” ujarnya.

Ning, sapaanya, tidak hafal berapa kebutuhan dana pembiayaan membangun Puskesmas di Banyuanyar. Tahapannya sedang review Detail Engineering Design (DED). Pembangunan ditarget rampung tahun ini.

Dia mengatakan ada lahan milik Pemkot Solo di sekitar kediaman Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk lokasi pembangunan puskesmas di Sumber.

“Lahannya saya lupa, daerah Pak Wali, ke sana, Sumber,” papar dia.

Dia mengatakan belum ada rencana dekat membangun rumah sakit ibu dan anak di Kota Solo. Kota Solo sudah banyak rumah sakit.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Pemkot Solo memiliki sejumlah rencana pembangunan infrastruktur fasyankes, antara lain membangun Puskesmas baru di Sumber.  Sudah ada lahan hak pakai di sekitar Sumber yang bisa dimanfaatkan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya