SOLOPOS.COM - Proses menempa keris yang diperagakan dalam Serira yang digelar UPTD Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Salah besar jika orang beranggapan kalau museum itu gedung yang membosankan. Museum bisa juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi, bahkan menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu.

Museum Keris Nusantara contohnya. Museum yang berlokasi di Jl. Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Solo, ini menyajikan gala dinner dengan pengalaman yang berbeda dan belum ditemukan di tempat lain.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gala dinner itu bertajuk Semalam di Museum Keris Nusantara (Serira). Serira menjadi salah satu inovasi baru yang digagas UPTD Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, dan diuji coba perdana pada Jumat (19/5/2023) malam.

Acara diawali dengan fashion show. Selama menikmati hidangan, tamu dimanjakan dengan alunan musik akustik merdu nan romantis. Para tamu juga merasakan nuansa yang berbeda karena saat menyantap menu makan malam mereka sekaligus bisa menyaksikan atraksi tempa keris dan memahami sejarah serta spirit filosofi keris.

Sebelum proses penempaan keris di Besalen (tempat untuk membuat keris), terdapat prosesi umbul donga dengan menyertakan berbagai macam sesaji. Prosesi tempa keris diiringi Tari Tosan Sari.

Selama proses penempaan, tamu dapat melihat langsung dari dekat dan mencoba sendiri melakukan tempa keris. Hal ini menjadi suatu pengalaman tak terlupakan yang akan selalu terkenang.

“Melalui kegiatan semacam ini, museum akan menjadi tempat yang menyenangkan karena kita mengisinya dengan jiwa semangat berbudaya luhur. Grand Launching Gala Dinner Serira rencananya kami laksanakan pada Juni 2023. Selanjutnya kegiatan ini akan diadakan rutin sebulan sekali di Taman Museum Keris Nusantara,” terang Kepala UPTD Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo Bonita Rintyowati di lokasi acara.

Dalam satu kali penyelenggaraan, UPTD Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo membuka 80 slot bagi masyarakat umum untuk ikut merasakan sensasi gala dinner yang menyenangkan di Museum Keris Nusantara dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Museum Keris Nusantara merupakan sebuah museum yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman sejak 2013 lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Agustus 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya