SOLOPOS.COM - Siswa SDN Randu, Jelok, Cepogo, Boyolali saat menghabiskan liburan dengan bermain wayang dan menari tradisional di halaman sekolah, Kamis (29/12/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI — Anak-anak terlihat energik berlatih menari  gedruk dan topeng ireng di antara mendung lereng Merapi.  Tepatnya di halaman SDN Randu, Cepogo, Boyolali, Kamis (29/12/2022) pagi.

Anak-anak yang terdiri atas kelas IV hingga VI  tersebut bergerak senada diiringi lagu-lagu daerah. Beberapa melakukan gerakan salah kemudian diulangi lagi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sementara, beberapa anak lainnya berlatih wayang kulit, dan paduan suara. Kepala SDN Randu, Sri Sunarsih, mengungkapkan kegiatan tersebut digunakan siswanya untuk mengisi liburan.

“Ini dalam rangka mengisi liburan sekolah, agar anak-anak memanfaatkan liburan dengan hal-hal positif. Jadi diadakan gerak tari, dan kegiatan lainnya, sudah dua pekan,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan anak-anak.

Ia menyebutkan kegiatan tersebut diinisiasi sendiri oleh anak-anak, akan tetapi guru juga tetap mendampingi kegiatan siswa.

Tak hanya itu, beberapa orang tua siswa juga turut hadir melihat anak-anak mereka berlatih di sekolah. Lebih lanjut, Sri Sunarsih berharap kegiatan tersebut dapat terus dilanjutkan siswa-siswanya.

“Harapannya dengan kegiatan seperti ini anak-anak dapat mengenal budaya daerah. Jadi kebudayaan seperti tari gedruk, topeng ireng, wayang, dan lain-lain tidak ditinggalkan oleh anak-anak,” jelas Sunarsih.

Sementara itu, salah satu siswa kelas III, Farel Aulia Sebastian, memilih bermain wayang kulit dan berlatih menjadi dalang. Farel mengaku dia telah sering bermain wayang dan bak dalang melakonkan wayang kulit di tangannya.

Ia mengaku telah menyukai wayang sejak masih TK dan selalu melihat di YouTube. Farel menilai bermain wayang di sela-sela liburannya adalah kegiatan yang mengasyikkan.

“Kalau di YouTube suka lihat dalang Ki Seno Nugroho, suka nonton. Cita-citanya jadi dalang nanti,” jelasnya.

Sementara itu, siswa lain kelas VI, Febrina Putri Aisyiyah, mengungkapkan dirinya menikmati liburan dengan berlatih tari topeng ireng bersama teman-teman sekelasnya.

Febri mengaku sudah dua pekan menghabiskan waktu berlatih gerakan tari topeng ireng bersama teman-temannya. Ia menjelaskan dirinya belajar gerakan tari topeng ireng lewat video di YouTube.

“Liburan ini memang tidak memilih ke mana-mana karena cuacanya sedang tidak bagus. Jadi memilih liburan di sekolah saja sambil latihan bersama teman-teman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya