SOLOPOS.COM - Peserta ACW From White Sand to The Blue Sky saat berfoto bersama di Wonogiri, Jumat (9/12/2022). (Istimewa/ACW)

Solopos.com, WONOGIRI — Adventure Community Wonogiri (ACW) menyelenggarakan road trip atau overland bertajuk From White Sand to The Blue Sky selama tiga hari, Jumat-Minggu (9-11/12/2022). Kegiatan itu membawa misi mengeksplorasi sekaligus memperkenalkan keindahan alam Wonogiri.

Sekretaris ACW, Teguh Prihatno, mengatakan kegiatan itu bermula pada niatan anggota ACW menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak terjamah manusia di Wonogiri. Sesuai dengan tajuk kegiatan, ada dua tempat yang menjadi jujukan utama peserta overland, yaitu Pantai Nampu (Paranggupito) dan Bukit Jinggring (Karangtengah).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 38 mobil overland. Start dimulai dari Wonogiri kota menuju Wonogiri selatan, Jumat pagi.

Mobil-mobil overland nan gagah dan gahar itu berjalan secara beriringan. Sebelum ke lokasi tujuan pertama, para overlander ini menyempatkan mampir di Museum Karst Indonesia di Pracimantoro, Wonogiri.

Tak begitu lama, para overlander ini melanjutkan ke pantai berpasir putih di Wonogiri Selatan, Pantai Nampu.

Baca Juga: Jalan Menuju Wisata Goa Resi Wonogiri Retak, Pengelola Sediakan Shuttle Bus

“Kami berkemah semalam di Pantai Nampu. Sesuai tajuknya, From White Sand to The Blue Sky selama tiga, dari pasir putih di pantai, kami melanjutkan ke dataran tinggi, Karangtengah keesokan harinya,” kata Teguh kepada Solopos.com melalui sambungan telepon WhatsApp (WA), Minggu (11/12/2022).

Sabtu siang, para overlander bergegas menuju tujuan kedua, Bukit Jinggring, di Karangtengah. Butuh waktu sekitar tiga jam perjalanan dengan medan yang ekstrem dan tidak mudah dilalui guna mencapai ke Bukit Jinggring.

Kendati begitu, usaha yang tak mudah itu terbayar lunas dengan pemandangan indah dan suasana alam nan sejuk juga masih lestari. Rasa capai seolah hilang berubah menjadi semangat.

Tak ingin cepat-cepat pulang dan menyia-nyiakan momen indah, para rombongan adventure ini kemudian berkemah selama semalam di sana.

Baca Juga: Selamat! Pemkab Wonogiri Raih Penghargaan Program Smart City

“Walaupun komunitas Wonogiri, tapi yang mengikuti kegiatan ini tidak cuma dari Wonogiri, ada overlander dari luar kota seperti Yogyakarta, Semarang, dan daerah lain di Soloraya,” ujar dia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua ACW mengeksplorasi keindahan alam Wonogiri. Rencananya, tiga bulan ke depan, ACW bakal kembali menggelar kegiatan yang sama di tempat yang berbeda di Wonogiri.

Selain itu, bisa menjadi wadah bagi para pecinta overland. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana kolaborasi karena para peserta dari berbagai latar belakang profesi berbeda-beda. Sehingga diharapkan tercipta kolaborasi antaranggota.

Ketua Umum ACW, Suparno Parnaraya, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya bersenang-senang. Melainkan juga mempunyai misi memperkenalkan keindahan alam Wonogiri kepada khalayak luas.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Shaggydog & Satu Band Papan Atas bakal Manggung di Wonogiri

Menurut pemilik Istana Parnaraya ini, banyak potongan-potongan surga yang jatuh di Wonogiri dan masih sedikit orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu, perlu ada upaya mengeksplorasi potongan surga itu agar banyak dinikmati banyak orang.

“Kegiatan ini untuk mengeksplorasi Wonogiri,” kata Suparno kepada Solopos.com, Minggu siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya