SOLOPOS.COM - Pertunjukan aeromodeling yang memukau pengunjung Wisata Dirgantara 2023 di Lanud Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (12/3/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Seribuan anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) se-Soloraya menyerbu Pangkalan TNI Angkatan Udara atau Lanud Adi Soemarmo Boyolali, Minggu (12/3/2023).

Mereka datang bersama guru dan wali murid untuk mengikuti ajang Wisata Dirgantara Indonesia 2023. Anak-anak terlihat antusias mengikuti acara tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun, perhatian mereka teralihkan ketika ada pesawat mendarat di Lanud Adi Soemarmo. Mereka bersorak-sorai dan melambaikan tangan menyambut pesawat yang baru mendarat atau terbang.

Anak-anak juga terlihat antusias bermain dan berfoto bersama personel TNI yang memamerkan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) di stan bazar. Lainnya berfoto bersama pesawat kecil yang terparkir di Lanud Adi Soemarmo Boyolali.

Salah satu wali murid PAUD Pelita Hati Pringgolayan, Solo, Dani Juniastuti, 35, mengungkapkan anaknya, Dani Haidar, 3, sangat antusias mengikuti acara Wisata Dirgantara tersebut.

“Anak-anak senang ini dapat wisata tentang kedirgantaraan. Apalagi ini anaknya juga dapat doorprize sepeda, enggak menyangka saya,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi.

Menurutnya, acara ini sangat bagus karena anak-anak dapat mengenal alutsista dirgantara, personel TNI, sekaligus meningkatkan percaya diri anak karena ada beberapa lomba yang bisa diikuti.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat rutin dilaksanakan karena dapat menambah pengetahuan anak-anak PAUD dan TK. “Kegiatannya juga seru dan menyenangkan kalau bisa belajar ilmu baru langsung di lapangan,” jelasnya.

lanud adi soemarmo boyolali
Wali dan murid TK/Paud saat berfoto bersama di area static show pesawat area Lanud Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (12/3/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Sementara itu, dalam sambutannya, Komandan Lanud Adi Soemarmo Boyolali, Marsekal Pertama TNI, Agus Setiawan, mengungkapkan acara tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) se-Soloraya. Juga dengan Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) se-Soloraya.

Panggung Hiburan dan Bazar

Ia mengungkapkan wisata dirgantara adalah salah satu edukasi bagi anak-anak usia dini. Acara ini bertujuan mengenalkan kedirgantaraan sekaligus dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta anak terhadap dunia dirgantara. “Ini juga sebagai upaya mendekatkan Lanud Adi Soemarmo kepada masyarakat di wilayah Solo dan sekitarnya,” ujarnya.

Agus menjelaskan kegiatan tersebut ditujukan untuk murid PAUD dan TK se-Soloraya dan diisi dengan berbagai acara. Beberapa di antaranya lomba mewarnai, panggung hiburan, pameran dan bazar. Selain itu, akan ada acara lain seperti senam dari Kelompok Bermain (KB) Angkasa, dan drumben  TK – SMP Angkasa.

“Ada juga pencak silat, tari-tarian, story telling, kesenian tradisional, fashion show, demo aeromodeling, paramotor, serta static show pesawat dan kendaraan taktis dari Lanud Adi Soemarmo Boyolali,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari pengurus IGTKI dan Himpaudi Soloraya, Siti Aminah, mengungkapkan terima kasih kepada penyelenggara yang melaksanakan wisata dirgantara. Menurutnya, anak-anak sangat antusias bisa melihat dari dekat aktivitas penerbangan dan pelayanannya.

“Kegiatan ini termasuk langka, beberapa tahun terakhir ini baru kali ini ada kegiatan Wisata Dirgantara. Kami berharap kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun agar kami bisa membuat program berkunjung,” ujarnya.

Siti berterima kasih kembali kepada penyelenggara yang telah menampung usulan untuk menyelenggarakan acara di waktu-waktu luas kegiatan belajar mengajar.

“Kalau tidak salah sebenarnya akan diadakan pada Januari, tapi kami usul agar ditunda mendekati kegiatan jeda. Alhamdulillah dari Lanud dan panitia setuju,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya