SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti lomba cerdas cermat di Monumen Pers Nasional, Selasa (20/2/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 24 tim dari 14 SMA/SMK dan sederajat di Soloraya mengikuti babak penyisihan lomba cerdas cermat yang digelar Monumen  Pers Nasional, Selasa (20/2/2024).

Keseruan lomba cerdas cermat terlihat saat para peserta berebut menjawab soal dari dewan juri. Lomba cerdas cermat untuk siswa dan siswi jenjang SMA/SMK dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa-Rabu (20-21/2/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lomba itu digelar di Ruang Audiovisual Monumen Pers Nasional. Lomba cerdas cermat itu bagian dari rangkaian kegiatan Festival Pers 2024 yang digelar selama sebulan penuh.

Pada babak penyisihan, ada 24 tim dari 14 sekolah yang ikut berpartisipasi dalam lomba cerdas cermat. Ke-14 sekolah itu, antara lain SMAN 1 Solo, SMAN 4 Solo, SMKN 7 Solo, SMA Al Islam, SMA Regina Pacis, dan SMA Warga Solo.

Sedangkan, sekolah yang berasal dari luar Solo seperti SMAN 1 Mojolaban dan SMA CT Arsa Sukoharjo. Sementara tiga dewan juri berasal dari Monumen Pers Nasional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solo, dan Solopos Institute.

Seorang dewan juri dari Monumen Pers Nasional, Andi Prabowo mengatakan lomba cerdas cermat untuk kalangan pelajar merupakan bagian dari upaya melestarikan monumen atau museum sebagai sumber ilmu pengetahuan.

“Kami mengajak kalangan generasi muda untuk memanfaatkan layanan di Monumen Pers Nasional. Dikemas melalui lomba cerdas cermat yang seru dan heboh,” kata dia.

Beragam soal dari dewan juri mengupas tentang sejarah dan budaya bangsa, pengetahuan umum, serta sejarah dan perkembangan Pers di Tanah Air.

Masing-masing tim peserta berebutan menjawab soal yang disampaikan dewan juri. Tim peserta yang paling cepat dan menjawab dengan benar bakal mendapat poin.

Lomba cerdas cermat itu mengasah kemampuan berpikir secara cepat dan tepat. “Lomba ini mengukur kemampuan berpikir secara cepat namun juga harut tepat menjawab soal. Mereka merupakan generasi penerus bangsa yang berkarakter,” ujar dia.

Ada enam tim peserta lomba cerdas cermat yang berhak melaju ke babak final pada Rabu. Keenam tim tersebut berasal dari SMAN 4 Solo, SMAN 1 Solo, SMA Al Azhar, SMA CT Arsa Sukoharjo, dan SMA Regina Pacis Solo.

Sementara itu, seorang peserta lomba cerdas cermat, Daniel mengatakan soal dari dewan juri cukup bervariatif. Tidak hanya mengupas pengetahuan umum melainkan ilmu sejarah dan budaya serta adat istiadat di setiap daerah.

Dia mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba cerdas cermat tingkat SMA/SMK. “Harus menjawab cepat, sebelum pertanyaan selesai dibacakan. Namun, harus benar. Ini serunya lomba cerdas cermat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya