SOLOPOS.COM - Kondisi di ruang server layanan publik berbasis informasi teknologi (IT) di Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Boyolali, Jumat (20/1/2017). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Daya listrik tak stabil membuat sejumlah peralatan rusak.

Solopos.com, BOYOLALI — Akibat daya listrik belum stabil, sejumlah pelayanan berbasis informasi teknologi (IT) yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali tahun lalu mengalami gangguan sepekan terakhir.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Gangguan terjadi pada beberapa server layanan berbasis IT, seperti telepon gratis voice over internet protocol (VOIP) untuk kalangan pegawai, kamera closed circuit television (CCTV) di lima lokasi strategis, dan server email Pemkab Boyolali.

Ada informasi yang menyebutkan beberapa jaringan server rusak karena tersambar petir saat hujan akhir pekan lalu. Namun analisis dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boyolali setelah mengundang petugas PLN saat perbaikan, kerusakan server disebabkana adanya lonjakan listrik di tengah daya listrik yang belum stabil.

“Karena yang rusak bukan hanya servernya tapi beberapa peralatan listrik yang lain seperti carger, printer, juga ikut rusak,” kata Kabid Penyelenggaraan e-Government Diskominfo Boyolali, Suraji, Jumat (20/1/2017).

Untuk saat ini, server penting untuk VOIP, email, dan untuk layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) sudah diamankan. “Sementara server untuk CCTV yang kami pasang di lima lokasi rusak total, sampai sekarang sama sekali belum bisa digunakan,” ujar dia. Kelima CCTV itu terpasang di Simpang Lima, boulevard Ir. Soekarno, dan Komplek Pemkab Boyolali.

Telepon VOIP sedianya sudah bisa digunakan tapi tidak maksimal. Sebanyak 500-an pegawai negeri sipil (PNS) yang telah registrasi telepon gratis berbasis internet untuk sementara waktu kesulitan memanfaatkan layanan tersebut karena kebetulan sistem aplikasinya belum optimal.

Plt.Kepala Diskominfo Boyolali, Bony Facio Bandung, berharap sepekan lagi seluruh layanan berbasis IT yang sudah dibangun Pemkab Boyolali selesai diperbaiki dan bisa dimanfaatkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya