SOLOPOS.COM - Sejumlah mahasiswa yang tergabung di BEM UNS saat menggelar aksi di kampus UNS Solo, Rabu (7/2/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret atau BEM UNS Solo, Agung Lucky Pradita, mengatakan bakal ada aksi tandingan setelah ratusan mahasiswa menggelar aksi di Balai Kota Solo, Selasa (6/2/2024) siang. 

“Kemungkinan besar akan ada [aksi tandingan], lihat saja secepatnya akan ada di Soloraya itu sendiri,” kata dia kepada awak media ketika ditemui di UNS Solo, Rabu (7/2/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurutnya aksi unjuk rasa yang ditemui langsung oleh Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka itu diduga ditunggangi kepentingan tertentu. Agung mengatakan tidak ada mahasiswa dan BEM UNS yang ikut dalam aksi itu.

“Banyak sekali kejanggalan yang terjadi misal aksi itu katanya ditemui langsung oleh Gibran, tapi misal ke depannya nanti ada aksi murni dari mahasiswa dan masyarakat apakah Gibran mau menemui,” kata dia.

Dia mengatakan aksi yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Soloraya itu mencoreng dan mendegradasi aktivisme atau pergerakan mahasiswa itu sendiri. Aksi di Balai Kota Solo itu menurut dia perlu dipertanyakan.

“Yang perlu dipertanyakan adalah ada di dalam salah satu pernyataan sikapnya itu ada poin yang mengharuskan salah satu Paslon [Pasangan Calon] untuk merealisasikan janji-janjinya, itu jadi pertanyaan besar,” kata dia.

Sebelumnya, Ratusan mahasiswa menggelar demo di Balai Kota Solo, Selasa (6/2/2024) siang. Pantauan Solopos.com, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Soloraya untuk Kepemimpinan Bermartabat itu menyampaikan 11 tuntutan kepada Gibran sebagai pendamping Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Gibran menemui mahasiswa sebelum 11 poin selesai dibacakan oleh salah satu orator. Gibran menemui mahasiswa dan memberikan tanda tangan pakta integritas untuk menepati janji apabila pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 itu menang dalam Pilpres 2024.

Mereka berkumpul pukul 13.00 WIB dengan membawa spanduk. Sejumlah spanduk yang dibawa bertuliskan, antara lain Gibran harus menepati janji mewujudkan kemandirian bangsa; kami butuh pemimpin yang dapat membawa Indonesia maju, kami butuh bukti bukan janji.

Kemudian Prabowo-Gibran apabila menjadi pemimpin RI harus menepati janji kepada rakyat; tuntut Gibran berjanji tidak akan pernah berkhianat kepada rakyat Indonesia.

Salah satu orator menjelaskan tuntutan kepada Gibran, antara lain menjalankan amanah suara rakyat Indonesia dengan jujur dan adil; tidak pernah berkhianat.

Memperkokoh Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945; menjaga NKRI dengan memperkuat pertahanan dan keamanan negara; mewujudkan kemandirian bangsa dengan berbagai bidang; menyediakan lapangan kerja yang luas dan mendukung UMKM.

Sementara itu, Gibran menemui mahasiswa dari kantornya. Para mahasiswa berteriak histeris saat Gibran tiba. Ada sejumlah peserta yang mengacungkan dua jari kepada Gibran. Dua jari itu identik dengan nomor urut dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran.

Namun, itu hanya sesaat sebab teman lainnya mencolek lalu anak muda yang mengacungkan dua jari berganti tangan mengepal.

Gibran hanya memberikan tanda tangan sesuai poin tuntutannya. Gibran tidak memberikan statemen kepada mahasiswa. Solopos.com menemui sejumlah anak muda yang bergabung dalam unjuk rasa untuk diwawancarai, namun para anak muda itu menolak untuk diwawancarai.

Gibran kepada wartawan menjelaskan akan menindaklanjuti tuntutan mahasiswa. Gibran berjanji akan menjalankan poin-poin yang disampaikan mahasiswa.

Ditanya wartawan apakah demo merupakan bentuk dukungan kepada Gibran, Gibran menjelaskan bukan. “Ora, do protes noh,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya