SOLOPOS.COM - Event bertajuk Colour Full Sunday digelar Radio Solopos dalam rangkaian HUT ke-19 di area CFD Colomadu pada Minggu (19/3/2023).(Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah diliburkan selama Ramadan lalu, car free day (CFD) Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah yang berada di Jl. Adisucipto mulai diaktifkan lagi, Minggu (30/4/2023) mendatang.

CFD Colomadu yang membentang dari Hotel Alana hingga perempatan traffic light Colomadu terdiri atas empat zona.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hingga saat ini, keramaian CFD Colomadu belum bisa menyamai CFD Jl. Slamet Riyadi Solo yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Ketua CFD Colomadu, Dwi Adi Susilo berharap pengelola masing-masing zona membuat inovasi agar CFD ramai pengunjung dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Ia menyampaikan setiap zona diharapkan memiliki keunikan sendiri dengan menggandeng banyak pihak.

“Konsep dan inovasi terbaru diserahkan kepada kreativitas masing-masing zona sehingga semua zona punya identitas dan keunikan sendiri-sendiri. Kolaborasi seni, budaya, olahraga, edukasi dan bisnis UMKM,” kata Adi yang juga menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Colomadu kepada Solopos.com, Kamis (27/4/2023).

CFD Colomadu mulai diadakan pada September 2022 lalu.

Awalnya CFD diramaikan sekitar 1.300 pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pedagang di CFD Colomadu dimulai dari perempatan Colomadu hingga pertigaan The Alana Hotel and Convention Center menggelar lapak dagangan mereka dengan produk mereka macam-macam, mulai dari kuliner, produk fesyen, hingga peralatan rumah tangga.

Pedagang tersebut tidak hanya dari Kabupaten Karanganyar, namun juga dari Sukoharjo, Solo, dan Boyolali.

Saat ini ada sekitar 2.000 pedagang yang berjualan di sepanjang jalan di CFD Colomadu.

Rata-rata pengunjung di CFD Colomadu yakni 5.000 hingga 7.000 orang per pekan.

Sebagaimana diberitakan, hari bebas emisi atau car free day di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar libur saat Ramadan 2023.

Sebagai gantinya pedagang akan menggelar lapak jelang buka puasa.

“CFD libur selama Ramadan tapi untuk beberapa pelapak Zona 1 akan buka [lapak] ngabuburit di sekitar Kantor Kecamatan Colomadu,” papar Camat Colomadu, Sriyono Budi Santoso, saat dihubungi Solopos.com pada Rabu (22/3/2023) lalu.

Lapak tersebut dibuka jelang waktu berbuka puasa semacam pasar Ramadan yang berjualan takjil.

Setidaknya ada 10-15 pedagang yang akan menggelar lapak di sekitar Kantor Kecamatan Colomadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya