SOLOPOS.COM - Wakil Kepala SMPN 3 Jatiyoso Bidang Kesiswaan, Warino, menunjukkan lokasi tebing di belakang sekolah setempat, Rabu (22/10/2014). Saat musim hujan, tebing tersebut sering mengalami longsor. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bangunan SMPN 3 Jatiyoso Karanganyar rawan tertimbun tanah longsor dari tebing yang berada di belakang sekolah.

Sebelumnya, bangunan sekolah tersebut juga sempat beberapa kali tertimpa longsoran tanah saat memasuki musim hujan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Wakil Kepala SMPN 3 Jatiyoso Bidang Kesiswaan, Warino, mengatakan kondisi tebing di belakang bangunan sekolah tersebut memang memiliki kemiringan yang cukup terjal sehingga sangat memungkinkan terjadi longsor.

“Untuk panjang bangunan sekolah yang berbatasan dengan tebing ini sekitar 100 meter. Memang sering, apalagi kalau hujan, pasti ada yang longsor,” ujar dia saat ditemui di sekolah setempat, Rabu (22/10/2014).

Bahkan beberapa tahun yang lalu sekolah tersebut sempat tertimpa tanah longsor setinggi satu meter. Beruntung tanah tidak masuk ke kelas. “Untuk membersihkannya biasanya warga sekitar membantu,” terang dia.

Hingga saat ini pihak sekolah belum dapat membangun tembok belakang untuk menghalau longsoran tanah. Warino mengaku butuh biaya besar untuk membangun tembok tersebut.

Berdasarkan pantauan , bangunan SMPN 3 Jatiyoso di sisi paling belakang kebanyakan adalah ruang kelas, yang berbatasan langsung dengan tebing. Sekolah memiliki 262 siswa yang berasal dari desa-desa di sekitarnya.

Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Aji Pratomo Heru Kristianto, mengatakan warga harus mulai waspada terhadap kemungkinan musibah tanah longsor.

“Sebab pada musim kemarau akan terjadi retakan-retakan pada tanah. Jika retakan itu dialiri air saat musim hujan nanti, maka tanah akan longsor,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya