SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri (Youtube.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kawanan maling beraksi di wilayah Dusun Songgorunggi, Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Karanganyar. Pintu pagar besi di tiga makam warga dusun setempat digondol maling, Sabtu (14/1/2023).

Kepala Dusun (Kadus) atau Kabayanan Songgorunggi, Ismail Soleh, mengatakan aksi pencurian terjadi pada siang bolong. Saat itu di sekitar makam dalam kondisi sepi. Tak seperti biasanya, lanjut dia, banyak warga nongkrong di sekitar makam tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kejadiannya sekitar pukul 14.00 WIB [siang]. Kondisinya sepi, padahal biasanya banyak orang nongkrong di sana,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (15/1/2023).

Aksi pelaku diketahui warga setelah mereka berhasil membawa lari tiga pintu pagar besi dengan menggunakan sepeda motor. Pelaku berjumlah dua orang.

Kedua pelaku mencuri pagar besi dengan cara mencongkel. Mereka memiliki ciri-ciri masih muda dan menggunakan anting-anting di telinga. Untuk jenis kendaraan pelaku, warga tidak mengetahui secara pasti.

“Pelaku ketahuan sudah bawa tiga pintu pagar besi pakai sepeda motor keluar dari makam menuju Bulu,” katanya.

Dari keterangan warga setempat, dua pelaku sebelumnya sudah terlihat di sekitar makam beberapa hari lalu. Mereka terlihat mondar-mandir di sekitar makam tersebut.

Diduga kedua pelaku telah mengincar pagar besi yang akan dicuri. Menurutnya, baru kali pertama terjadi aksi pencurian di makam Songgorunggi.

Kawanan pelaku ini mengincar pagar besi makam karena mudah didapatkan. Kemudian pagar besi tersebut juga cepat terjual.

“Ahli waris pemilik pintu pagar besi makam yang dicuri sudah kami beritahu. Sekarang menjadi kewaspadaan bersama warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya